Rabu 20 Aug 2014 12:08 WIB

Wali Kota Gaza: Palestina Bangga dengan Rakyat Indonesia!

Bendera Palestina
Foto: AP
Bendera Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, Wali Kota Gaza, Palestina, Issam Jouda atas nama pemerintah kota yang dipimpinnya menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Untuk saudaraku dari Indonesia, kami ucapkan selamat atas hari kemenangan rakyat dan bangsa Indonesia pada 17 Agustus 2014," katanya seperti disampaikan relawan Indonesia yang menetap di Gaza, Abdillah Onim dari Gaza, Rabu (20/8) pagi.

"Kami doakan semoga rakyat Indonesia hidup damai, hidup bebas, dan memiliki masa depan yang cemerlang," tambahnya.

Onim menjelaskan bertepatan pada HUT ke-69 Kemerdekaan RI pada Minggu (17/8), ia berkesempatan melakukan kunjungan singkat ke kantor Wali Kota Gaza di Jabalia.

Pada kesempatan itu, Jouda menyampaikan bahwa Indonesia adalah negara yang penduduknya salah satu terbesar di dunia, sehingga keberadaan rakyat Indonesia sangat diketahui oleh dunia.

"Indonesia selalu siap berada di belakang rakyat Palestina, dan selalu mendukung perjuangan rakyat Palestina," katanya. Selain itu, kata Jouda, Indonesia adalah negara pertama yang selalu mendukung perjuangan Palestina.

"Kami sangat bangga dengan (dukungan atas perjuangan kami) dari rakyat Indonesia," katanya.

Jouda menambahkan bahwa Konferensi Asia Afrika yang diadakan di Bandung pada 1955, di mana Indonesia menjadi tuan rumah, adalah perjuangan dan sebagai bentuk penentangan terhadap kolonialisme dan penjajahan di atas dunia yang harus dihapuskan.

"Harapan kami, semoga dalam waktu dekat, Palestina pun akan merayakan hari ulang tahun kemerdekaannya, tentu tak terlepas dukungan dari negara-negara di dunia, termasuk Indonesia," kata Jouda.

Pihaknya juga berharap hubungan antara negara Palestina dengan negara lain selalu terjalin sehingga masa depan Palestina menjadi lebih baik. "Dan kami membutuhkan dukungan dan kepedulian negara-negara, dan itu sangat berarti bagi rakyat Palestina," harap Jouda.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Gaza juga mengharapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Pemerintah Indonesia serta seluruh wali kota se-Indonesia untuk menjalin hubungan baru guna membicarakan program pembangunan kota di Gaza, Palestina, baik yang sudah dilaksanakan maupun yang akan dijalankan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement