Senin 18 Aug 2014 14:30 WIB

Skuat SEA Games Dominasi Tim Asian Games

Red:

JAKARTA -- Pelatih timnas U-23 Aji Santoso telah mengumumkan 20 pemain final untuk berlaga pada ajang Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, 19 September4 Oktober. Aji memanggil sembilan pemain jebolan SEA Games 2013, Myanmar.

Striker Yandi Sofyan yang juga terpilih ke dalam skuat final, optimistis timnas U-23 bisa berprestasi dengan komposisi pemain yang telah ditetapkan tim pelatih. "Saya rasa, ini merupakan skuat yang terbaik," kata Yandi melalui pesan singkat kepada Republika.

Dari segi permainan, ujar Yandi, timnas U-23 diyakini bisa bermain kompak karena para pemain sudah saling mengenal karakter masing-masing. Beberapa jebolan SEA Games 2013, seperti Bayu Gatra, Fandi Eko Utomo, Ramdani Lestaluhu, Alfin Tuassalamony, Dedi Kusnandar, juga Yandi bakal kembali bekerja sama untuk memberikan yang terbaik di Asian Games 2014.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:Republika/Edwin Dwi Putranto

esepakbola Indonesia meluapkan emosinya seusai pertandingan sepakbola babak penyisihan Sea Games 2013 melawan Myanmar di Stadion Youth Training Center Yangon, Myanmar, Senin (17/12).

 

"Tidak akan ada kendala berarti. Dan, saya sangat antusias untuk segera bermain di SEA Games nanti," ujar Yandi. Di SEA Games 2013, Indonesia harus puas menjadi runner-up setelah kalah oleh Thailand di partai final dengan skor tipis 0-1. Aji Santoso kala itu menjabat asisten pelatih Rahmad Darmawan.

Selain memanggil jebolan SEA Games 2013, Aji juga memboyong tiga pemain senior untuk mempersolid permainan tim. Di lini serang, Aji memanggil striker Ferdinand Sinaga. Meskipun sang pemain belum pernah bergabung ke dalam pemusatan latihan, Aji yakin Ferdinand cepat beradaptasi dengan permainan tim. "Ferdinand punya kualitas dan punya banyak pengalaman bermain," Aji mengatakan.

Seperti diketahui, Asian Games 2014 memang memperbolehkan setiap tim untuk membawa tiga pemain senior. Sedangkan, dua pemain senior lainnya yang dipanggil adalah bek Victor Igbonefo dan gelandang Achmad Jufriyanto.

Keberadaan Ferdinand melecut semangat para pemain timnas U-23, khususnya para striker. Yandi Sofyan mengaku, siap bersaing dengan seniornya tersebut untuk memperebutkan posisi utama di lini serang tim.

"Kualitas Ferdinand tidak usah diragukan. Untuk masalah persaingan tidak masalah, asalkan menjadi hal yang positif untuk tim," ucap Yandi. Sekretaris Badan Tim Nasional (BTN) Sefdin Syaefudin mengatakan, timnas U-23 akan menjalani pemusatan latihan pada awal September setelah jeda kompetisi Liga Super Indonesia. Program pemusatan latihan sedang disusun tim pelatih dan akan disampaikan kemudian.

Meski begitu, timnas U-23 kemungkinan besar tidak akan memiliki uji coba sebagai persiapan terakhir sebelum bertolak ke Korea Selatan. Rencananya, tim mulai berkumpul pada 5 September untuk menyesuaikan dengan jadwal LSI. Sedangkan, cabang sepak bola dipertandingkan lebih awal pada 14 September. "Jadi, tidak ideal untuk melakukan uji coba," jelas Sefdin

rep:satria kartika yudha  ed:israr itah

Skuat Timnas U-23 ke Asian Games 2014

Kiper:- Teguh Amiruddin (1)- Andritany Ardhiyasa (12),

Bek :- Moch. Zaenuri (2),Dany Saputra (3),Victor Chukwuekezie Igbonefo (4)- Manahati Lestusen (13),Achmad Jufriyanto (15), -

Syaiful Indra Cahya (16)- Alfin Ismail Tuasalamony (26),

Gelandang:- Rizki Ramdani Lestaluhu (7),Fandi Eko Utomo (8),Syakir Sulaiman (9)- Dedi Kusnandar (11),Rasyid Assahid Bakri (14)-

Rizky Ahmad Sanjaya Pellu (18).Novri Setiawan (20)- Bayu Gatra Sanggiawan (23),

Penyerang :- Yandi Sofyan Munawar (10),Ferdinan Alfred (17)- Aldaier Makatindu (25)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement