Ahad 17 Aug 2014 13:42 WIB

Bertepatkan HUT RI, Pelindo III Lauching Budaya Perusahaan

HUT Kemerdekaan RI ke-69 di Pelindo III
Foto: Istimewa
HUT Kemerdekaan RI ke-69 di Pelindo III

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menetapkan budaya perusahaan sebagai pedoman kerja bagi seluruh elemen Pelindo III.  Budaya perusahaan ini diperlukan guna mencapai visi Pelindo III yakni berkomitmen memacu integrasi logistik dengan jayanan jasa pelabuhan yang prima. 

Launching budaya perusahaan tersebut dilakukan langsung oleh Direktur Utama Pelindo III Djarwo Surjanto sesaat setelah pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-69 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Ahad (17/8).

Budaya perusahaan diperlukan untuk membentuk karakter para pegawai dalam memberikan layanan jasa kepelabuhanan.  Budaya perusahaan dibentuk sebagai pedoman pegawai dalam bertindak, bersikap, dan berperilaku.  Oleh karenanya, manajemen Pelindo III telah menetapkan budaya perusahaan yang terbagi dalam tiga nilai inti utama.  Ketiga nilai inti tersebut adalah Customer Focus, Care, dan Integrity.

Direktur Utama PT Pelindo III, Djarwo Surjanto mengatakan bahwa budaya perusahaan Pelindo III bertumpu kepada nilai-nilai inti yang merupakan hal paling mendasar bagi insan Pelindo III untuk beroperasi secara efektif dan berkelanjutan, yaitu: Customer Focus, Care dan Integrity. “Nilai-nilai inti inilah yang menjadi patokan bagi kita untuk membentuk sikap kerja baru menuju perbaikan luar biasa sehingga keinginan kita mewujudkan visi dan misi perusahaan akan tercapai”, jelas Djarwo.

Dalam siaran persnya kepada ROL, Djarwo mengemukakan bahwa Customer Fokus harus dimaknai oleh insan Pelindo III untuk selalu mengutamakan kepuasan pelanggan, dan kata "Care" dimaknai selalu terdepan dalam kepedulian kepada pemangku kepentingan dan lingkungan. Sedangkan Integrity dimaknai dengan senantiasa berpikir, berkata dan berperilaku terpuji, menjaga martabat serta menjunjung tinggi etika.

“Penyusunan budaya perusahaan sendiri dilakukan melalui proses yang cukup panjang sampai akhirnya terbangunlah tatanan budaya perusahaan PT Pelindo III”, rinci Djarwo. “Proses membangun budaya Pelindo III melibatkan beberapa orang taf kunci termasuk Direksi untuk memastikan bahwa budaya ini memiliki nilai-nilai luhur yang selama ini telah bersemi dengan baik di Pelindo III dan diyakini akan membawa perusahaan mencapai visi dan misinya di kemudian hari”, pungkas Djarwo.

Toto Heli Yanto, Direktur SDM dan Umum PT Pelindo III dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa penjabaran nilai inti dari budaya perusahaan tersebut, diantaranya insan pelindo III harus melayani pelanggan secara inovatif sehingga tak bisa ditiru pesaing, berinteraksi dengan ramah, santun, & hormat serta proaktif dalam mengidentifikasi kebutuhan serta keinginannya. Bila pelanggan ada keluhan, insan Pelindo III menanganinya secara responsif dan profesional.

“Insan Pelido III bersikap tangguh baik dalam rangka melayani maupun menangani keluhan pelanggan dengan rasa percaya diri serta tegas dalam menjalankan sistem dan prosedur yang ada, bersikap sabar dalam berinteraksi, tekun dan bekerjasama dengan pelanggan sehingga kepuasan pelanggan tercapai. Insan Pelindo III selalu melakukan perbaikan berkelanjutan (continuous improvement) terhadap pelayanan yang telah dilakukan.”

Budaya perusahaan Pelindo III ditetapkan bersamaan dengan peringatan HUT ke-69 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia bukan tanpa tujuan.Manajemen Pelindo III berharap para pegawai dapat meneladani nilai-nilai perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan yang diterapkan dalam pelaksanaan budaya perusahaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement