Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Demo Warnai Pelantikan DPRD Bekasi

Selasa 12 Aug 2014 13:00 WIB

Red:

BEKASI -- Aksi demonstrasi turut mewarnai agenda pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi periode 2014-2019. Pelantikan yang dilakukan pada Senin (11/8) tersebut didatangi oleh pengunjuk rasa yang menamakan kelompoknya sebagai Aliansi Aksi Mahasiswa Bekasi.

"Kami menyampaikan aspirasi kami kepada anggota DPRD Kota Bekasi yang baru saja dilantik hari ini. Selain itu juga kami ingin menyampaikan ucapan selamat kepada para anggota karena telah berhasil menjadi wakil bagi masyarakat Kota Bekasi," ucap Koordinator Lapangan Aliansi Aksi Mahasiswa Bekasi Yuki Malindra Ramdani saat berorasi di depan gerbang utama gedung DPRD Kota Bekasi.

Dia juga mengingatkan anggota DPRD terpilih bahwa aliansinya selalu mengawasi kinerja mereka selama menjadi anggota DPRD. Aliansi juga bakal memantau dan mengkritisi kinerja anggota DPRD selama lima tahun ke depan.

Tak hanya itu, pihaknya menyampaikan sejumlah tuntutan kepada anggota dewan yang baru agar mereka segera mengawali kinerjanya dengan memenuhi tuntutan aliansi. "Di awal pelantikan DPRD Kota Bekasi, kami ingin langsung menyampaikan tuntutan kami, tuntutan tersebut di antaranya adalah tentang peningkatan alokasi ruang terbuka hijau (RTH) di wilayah Kota Bekasi," ucap Yuki.

Perbaikan infrastruktur secara merata di wilayah Kota Bekasi juga menjadi tuntutan mereka. Selain itu, ada pula tuntutan mengenai penyelesaian permasalahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang dan mengenai pendidikan," ucapnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa pihaknya juga menuntut mengenai realisasi ekonomi kerakyatan, tuntutan kepada pihak eksekutif untuk merealisasikan janji politik, Kartu Bekasi Sehat, dan transparansi anggaran DPRD Kota Bekasi.

Anggota DPRD Kota Bekasi yang dilantik ada 50 orang. Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bekasi Multiningdyah Ely Mariani melantik mereka untuk bertugas pada periode 2014-2019. Multiningdyah mewakili Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang berhalangan hadir ke lokasi pelantikan di ruang sidang paripurna gedung DPRD Kota Bekasi, Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur, karena ada agenda serupa di wilayah lain.

Formasi anggota DPRD periode 2014-2019 terdiri atas 21 wajah lama dan 29 wajah baru. Agenda pelantikan dilaksanakan pukul 10.00 WIB dengan disaksikan ribuan tamu undangan. "Caleg terpilih telah disumpah berdasarkan kepercayaan dan agama masing-masing untuk mengemban tugas sebaik mungkin," kata Multiningdyah.

Sementara itu, komposisi kursi di DPRD Kota Bekasi terdiri atas partai Gerindra 6 kursi, Golkar 8 kursi, PKS 7 kursi, PDIP 12 kursi, PPP 4 kursi, Hanura 4 kursi, Demokrat 4 kursi, PKB 1 kursi, PAN 4 kursi. "Kita akan terus berkoordinasi dengan eksekutif dan legislator baru agar bisa cepat bekerja," ujar Ketua Sementara DPRD Kota Bekasi Tumai seusai pelantikan. rep:c72/antara ed: dewi mardiani

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA