Senin 11 Aug 2014 14:35 WIB

Mendikbud: Pelajar tak Cukup Kuasai Iptek

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh
Foto: Republika/Rakhmawaty
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan pelajar tidak hanya cukup menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) tetapi juga harus menguasai seni dan budaya.

"Melalui pembelajaran seni budaya di sekolah, para pelajar diharapkan memiliki sesuatu yang lebih paripurna, yang berkaitan dengan pengetahuan, nilai seni budaya, keterampilan, dan sikap yang baik,"ujar Mendikbud di Jakarta, Senin (11/8).

Kemdikbud juga memasukkan mata pelajaran seni budaya sebagai bagian penting di dalam Kurikulum 2013. Mendikbud menambahkan apresiasi seni dan budaya pelajar yang tertuang dalam Lomba Cipta Seni Pelajar Nasional (LCSPN) yang diselenggarakan setiap tahunnya itu sangat penting.

LCSPN 2014 digelar tiga kementerian terkait yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan Kementerian Sekretariat Negara (Kemsetneg).

Lomba yang digelar dalam rangkaian menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-69 ini diikuti 331 pelajar SD dan SMP dari 32 provinsi di Tanah Air, dan diselenggarakan di Istana Cipanas, 9 Agustus.

Lomba terbagi dalam lima kategori, yaitu Lomba Cipta Puisi, Seni Lukis, Desain Motif Batik, Membatik pada Kain Mori, dan Lomba Cipta Lagu.

"Kemdikbud pun memberikan beasiswa khusus kepada seluruh peserta LSCPN 2014. Khusus tahun ini, ada pula hadiah bagi pemenang lomba fotografi tingkat SMA, mahasiswa, dan umum," jelas dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement