Senin 11 Aug 2014 14:30 WIB

Jasa Marga Tutup Akses Tol Bintaro Viaduct

Red:

JAKARTA -- PT Jasa Marga Tbk (Persero) tetap menutup akses tol Bintaro Viaduct terkait telah beroperasinya Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) West 2. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Ahmad Gani Ghazali mengatakan, akses tol Bintaro Viaduct memang tak masuk dalam desain sistem pengoperasioan ruas JORR West 2.

Semula, Ghazali menyatakan, Jasa Marga berniat menutup dua gerbang tol setelah diresmikannya JORR West 2, yaitu Bintaro Viaduct dan akses keluar Veteran. Tapi, karena muncul keberatan masyarakat terhadap penutupan akses keluar tol Veteran, kebijakan itu diubah. "Semula, akses keluar Veteran memang ditutup, tapi karena ada keberatan warga dan pengembang Bintaro kemudian akses itu dibuka kembali," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Ahad (10/8).

Ghazali mengharapkan perubahan lalu lintas dengan beroperasi JORR West 2 dapat memperlancar arus dari Pondok Aren hingga Veteran. Ia menegaskan, penutupan akses keluar tol ini dilakukan karena desain awal jalan tol Serpong-Ulujami memang tidak memiliki akses keluar di lokasi tersebut.

Pembukaan akses keluar tersebut hanya bersifat sementara sambil menunggu selesainya ruas JORR Ulujami-Kebon Jeruk.

Alasan pemerintah mengubah mekanisme transaksi ini, Ghazali menjelaskan, agar pengguna jalan tol hanya melakukan pembayaran atau transaksi sesuai dengan ruas tol yang dilaluinya. Seperti, ruas tol lain yang terkoneksi dengan JORR, Jagorawi dan Jakarta-Tangerang, para pengguna jalan tol juga dikenakan tarif tiap-tiap ruas.

       

Soal kurangnya sosialisasi, Ghazali mengatakan, sudah dilakukan sejak satu bulan sebelum JORR West 2 beroperasi. "Memang, konsekuensi dengan perubahan operasi sistem terbuka akan ada pengguna jalan tol yang merasa keberatan terutama yang selama ini terbiasa menggunakan jarak dekat," kata dia.

Sementara itu, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo mengatakan, pemerintah dan Jasa Marga harus lebih rajin memberikan sosiliasi kepada masyarakat terkait penutupan pintu keluar tol tersebut. Kehadiran ruas tol JORR West 2 seharusnya dapat mengurangi beban arus lalu lintas.

Karena itu, alternatif pintu keluar sudah disediakan, yakni pengguna jalan tol dari arah Serpong yang akan menuju Bintaro Viaduct atau Veteran dapat keluar di Gerbang Tol Pondok Aren, kemudian melalui jalanan di kawasan dalam perumahan Bintaro Jaya.

"Tinggal sekarang bagaimana memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang selama ini terbiasa menggunakan jarak dekat di ruas tersebut," kata Sudaryatmo.

Penerapan sistem terbuka, kata Sudaryatmo, memang memberatkan pengguna jalan tol yang biasa melalui JORR untuk jarak dekat, sedangkan untuk jarak jauh akan diuntungkan.

rep:budi raharja  ed: zaky al hamzah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement