Senin 11 Aug 2014 10:00 WIB

Ini Penyebab Anda Selalu Merasa Lelah (2)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Agung Sasongko
Kelelahan (Ilustrasi)
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Kelelahan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Kurang tidur bukan satu-satunya hal yang menguras energi Anda. Banyak hal kecil yang Anda lakukan dan yang tidak Anda lakukan dapat mengurasi tenaga Anda secara mental dan fisik sehingga membuat Anda cepat lelah.

Para ahli di University of Georgia mencoba mengungkapkan 14 kebiasaan buruk umum yang dapat membuat Anda selalu merasa lelah, ditambah lagi dengan sejumlah gaya hidup positif untuk mengatasinya, dilansir dari HealthDay News, Senin (11/8).

5. Terlalu khawatir

Jika Anda selalu takut mencoba sesuatu yang baru karena selalu berpikiran efek buruk dan terlalu khawatir, maka ini juga bisa membuat Anda cepat lelah. Misalnya, Anda takut naik sepeda karena khawatir akan mengalami kecelakaan. Anda takut dipanggil bos, karena khawatir pasti Anda sudah membuat kesalahan. Anda selalu menganggap skenario buruk akan terjadi jika Anda melakukan sesuatu yang baru.

Ambil napas dalam-dalam dan tanyakan pada diri sendiri, sebetulnya seberapa besar skenario terburuk itu akan terjadi. Tak ada salahnya, pergilah ke luar ruangan, bermeditasi, berolah raga, atau berbagi keprihatinan Anda dengan teman dekat supaya pola pemikiran Anda menjadi lebih realistis.

6. Lupa sarapan

Sarapan adalah bahan bakar utama saat Anda memulai aktivitas dipagi hari. Sarapan diperlukan untuk memompa darah dan oksigen yang mengalir ke seluruh tubuh Anda. Jadi, ketika Anda bagun dipagi hari, Anda perlu mengisi kembali bahan bakar itu. Jika Anda melewatkan sarapan, maka Anda akan mudah merasa lemas.

Ahli diet dari Texas Health Ben Hogan Sports Medicine, Amy Goodson menyarankan sarapan dengan biji-bijian, makanan berprotein dan lemak sehat. Contoh yang baik adalah oatmeal dengan bubuk protein dan selai kacang, smoothie yang dibuat dengan buah, bubuk protein, susu rendah lemak, mentega almond, dan telur dengan dua iris roti gandum panggang, termasuk yoghurt rendah lemak.

7. Suka junk food

Makanan yang tinggi gula dan korbohidrat sederhana seperti kotak makanan yang Anda beli di drive-thru akan meningkatkan gula darah. Lonjakan gula darah yang konstan akan menyebabkan kelelahan selama sehari penuh. Jagalah kestabilan gula darah Anda dengan mengonsumsi protein dengan gandum ketika makan. Pilihan terbaik adalah ayam panggang (bukan ayam goreng), beras merah, salmon, ubi jalar, atau salad dengan ayam dan buah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement