Ahad 10 Aug 2014 13:00 WIB

Mortir Aktif Sisa Perang Gunungpati Ditemukan

Red: operator

SEMARANG -Sebuah mortir aktif yang diduga sisa perang ditemukan warga saat akan membangun konstruksi rumah di Kampung Patemon Baru, Gunungpati, Semarang, Sabtu (9/8).

Salah seorang tukang bangun an, Sohirin (35 tahun), menuturkan, penemuan itu berawal ketika dirinya bersama dua orang pekerja lainnya menggali tanah untuk konstruksi rumah.

Ketika sedang menggali tanah sekitar 20 meter, cangkul yang digunakan mengenai benda yang terbuat dari besi.

Pada awalnya, kata Sohirin, benda mencurigakan yang ditemukan tersebut sebagai besi patok tanah. "Benda itu lalu dicongkel keluar, ternyata bentuknya seperti mortir," ujarnya.

Peristiwa penemuan itu selanjutnya dilaporkan kepada pemilik lahan serta Kepolisian Sektor Gunungpati. Mortir ter sebut lalu diidentifikasi. Mortir sisa perang itu berdimensi panjang sekitar 45 cm dan di ameter 10 cm. Namun, mortir temuan ini tidak diidentifikasi secara detail bahwa perang yang di maksud, yakni Perang Dunia II.

Petugas polsek bersama tim Gegana Brimob Polda Jawa Tengah datang ke lokasi untuk mengamankan benda berbahaya tersebut. Mortir aktif itu dievakuasi tim Gegana ke lokasi yang lebih aman.

antara, ed:nina chairani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement