Ahad 10 Aug 2014 11:30 WIB

8 Alasan Cemburu Itu Baik untuk Pasangan (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Nidia Zuraya
Cemburu/ilustrasi
Foto: pastoringpartners.com
Cemburu/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Cemburu adalah jalinan pikiran dan emosi yang dipicu oleh ancaman yang dirasakan oleh pasangan. Cemburu bisa buruk apabila terlalu buta atau menyebabkan seseorang bertindak di luar batas.

Terapis pernikahan dan keluarga, Diane R Gehart phD mengatakan cemburu yang terlalu itu bisa memicu seseorang bertindak agresif. Namun, cemburu yang sewajarnya justru berguna. Nah, berikut adalah beberapa alasan dan manfaat dari cemburu, dilansir dari Good House Keeping.

1. Pengingat pasangan

Cemburu menunjukkan betapa pentingnya pasangan Anda untuk Anda. Psikolog dan penulis buku Better Than Perfect: 7 Strategies to Crush Your Inner Critic and Create a Life You Love Dr Elizabth Lombardo mengatakan cemburu bisa menyoroti nilai dari sebuah hubungan. Kadang-kadang, cemburu diperlukan untuk mengingatkan betapa pentingnya kehadiran pasangan dan menyampaikan penghargaan Anda untuk pasangan.

2. Penguat komunikasi

Cemburu bisa memperkuat hubungan Anda jika disertai komunikasi yang sehat, bukan komunikasi yang berapi-api. Dr Lombardo mencontohkan, cemburu yang buruk itu misalnya mengatakan, "Maaf karena aku tidak punya tubuh yang seksi dan menggoda seperti gadis-gadis yang ada di pesta semalam."

Cemburu yang wajar itu misalnya mengatakan, "Aku ingin memberitahumu sesuatu, aku sedikit cemburu dengan gadis cantik yang menggodamu di pesta malam ini. Kamu memang terlihat sangat tampan."

3. Afrodisiak

Cemburu bisa meningkatkan gairah seksual (afrodisiak) di antara pasangan. Cemburu bisa menjadi daya tarik fisik di antara suami dan istri misalnya. Pendiri WeWantMoreNow.com, sebuah situs web untuk pasangan, Hilary Philips mengatakan seorang suami tampak biasa saja di mata istrinya. Namun, si suami justru menjadi lebih menarik sang istri ketika ada wanita lain yang

menggodanya.

4. Motivasi diri

Rasa cemburu bisa menjadi motivator utama bagi seseorang yang ingin mencapai sebuah tujuan. Cemburu pada pasangan bisa membuat Anda mengambil langkah-langkah positif untuk melakukan perubahan.

Misalnya, seorang istri cemburu karena suaminya yang tampan menarik banyak wanita di tempat kerjanya. Sang istri yang merasa penampilan fisiknya kurang menarik akan berusaha tampak menarik. Misalnya, dia bersemangat berolah raga untuk mengurangi berat badan atau ke pusat kebugaran untuk mendapatkan tubuh lebih seksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement