Sabtu 09 Aug 2014 16:00 WIB

Tiga Kecamatan di Jakpus Jadi Kantong Pendatang

Red: operator

TANAH ABANG -Tiga kecamatan di Jakarta Pusat dinilai menjadi kantong pendatang baru usai Lebaran 2014. Yakni, Kecamatan Sawah Besar, Johar Baru, dan Tanah Abang.

"Itu daerah padat. Di situ yang penduduknya mobile. Jadi, misalnya, sekarang siapa, nanti mudik diganti saudaranya," kata Kepala Seksi Penertiban dan Kerja Sama Kependudukan Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Pusat Yudi Hermawan kepada Republika, Jumat (8/8).

Yudi menyebut, saban tahun wilayah dengan tingkat pendatang baru yang paling tinggi di tiga kecamatan tersebut, yaitu Kelurahan Kebon Melati (Tanah Abang), Kebon Kacang (Tanah Abang), Tanah Tinggi (Johar Baru), dan seluruh kelurahan di Sa wah Besar.

Yudi mengatakan, para pendatang baru mendatangi wilayah-wilayah tersebut karena di sanalah yang paling memung kinkan. "Di situ yang secara daya tampung lingkungannya, tanah, dan sebagainya mendukung," ujarnya."Itu sebagian besar wilayah kumuh. Kalau yang nggak, tipis kemungkinan yang datang. Paling para asisten rumah tangga," ujar Yudi.

Dukcapil juga menggelar operasi Bina Kependudukan (Bi duk) yang bertujuan mendata pendatang baru. Operasi itu bakal dimulai pada 13 Agustus hingga 26 September. rep:c82, ed:karta raharja ucu

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement