Kamis 07 Aug 2014 15:14 WIB

Xavi Pensiun dari Timnas

Red:

MADRID — Gelandang Barcelona, Aksi Xavi Hernandez, memutuskan gantung sepatu dari timnas Spanyol pada Selasa (5/8) waktu setempat. Penyelenggaraan Piala Dunia 2014 akhirnya menjadi saat terakhir para pendukung setia La Furia Roja menyaksikan skill menawan Xavi.

Pemain berusia 34 tahun ini merupakan salah satu komponen penting dalam sukses Spanyol mendominasi tiga turnamen besar berturut-turut. Mulai dari Euro 2008, Piala Dunia 2010, hingga Euro 2012.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:TONY GENTILE/X90029

Xavi Hernandez mengontrol bola selama sepakbola akhir pertandingan mereka Euro 2012 melawan Italia di Stadion Olimpiade di Kiev, 1 Juli 2012.

 

Namun, sayang, dalam ajang Piala Dunia 2014, Xavi dan rekannya di timnas Spanyol harus merasakan kekecewaan tersingkir dini pada fase grup.

"Saya telah memutuskan untuk pensiun dari sepak bola internasional. Saya bersyukur untuk tahun-tahun tersebut. Itu menjadi periode fantastis," ujar Xavi seperti dilansir Goal, kemarin.

Selama membela timnas Spanyol, Xavi telah mengoleksi 133 penampilan dan membukukan 13 gol.

Mundurnya Xavi Hernandez dari tim nasional Spanyol tentu mengejutkan sejumlah pihak, tak terkecuali Pelatih Spanyol, Vicente del Bosque. Del Bosque mengaku pusing memikirkan sosok pengganti penggawa Barcelona tersebut. Menurut pelatih yang pernah membesut Real Madrid itu, sulit menemukan pemain yang punya kualitas setara dengan jebolan La Masia tersebut.

Perkataan Del Bosque bukan mengada-ada jika melihat torehan Xavi bersama La Furia Roja. Sejumlah gelar tertinggi, seperti juara Piala Eropa 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010, berhasil dipersembahkan pemain yang memiliki 70 caps bersama Spanyol tersebut.

"Saya ingin menunjukkan pengakuan saya terhadap seorang pemain fantastis. Kami telah kehilangan seorang pemain unik di timnas dan sulit bagi kami untuk menemukan pemain lain sepertinya," kata Del Bosque, dilansir Goal, Rabu (6/8).

"Xavi telah menjadi kunci dari gaya permainan Spanyol. Kami akan sangat merindukannya di dalam dan di luar lapangan. Selama enam tahun terakhir, dia telah memberikan dukungan yang luar biasa di ruang ganti."

Menurutnya, Xavi sangat penting bagi timnas. Bahkan, lebih penting dari pelatih. Dia, kata del Bosque, akan selalu diapresiasi oleh federasi sepak bola Spanyol, pelatih, dan timnas.rep:c79 ed: abdullah sammy

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement