Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Masjid Al Hakim Menteng Sumbang Truk Sampah

Kamis 31 Jul 2014 18:00 WIB

Red: Damanhuri Zuhri

Truk sampah

Truk sampah

Foto: Blogspot

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Hafidz Muftisany

Yayasan Masjid Al-Hakim Menteng merupakan masjid yang cukup dikenal di Jakarta Pusat. Ramadhan 2014, dalam rangkaian acara bakti sosialnya, pemilik Masjid Jusri Fathma Hakim (istri alm Datuk Hakim Thantawi) menyerahkan sebuah truk pengangkutan sampah untuk Kecamatan Menteng.

Penyerahan dilakukan secara simbolis, Kamis (17/7) malam. Hadir dalam acara serah terima truk ini, Bayu Meganthara, Sekertariat Kota Administrasi Jakarta Pusat, yang mewakili plt gubernur DKI Jakarta. Hadir pula Camat Menteng Bondan Dyah Ekawati dan Lurah Menteng Sulastri.

“Kegiatan ini diselenggarakan bersamaan dengan acara buka puasa bersama jamaah Masjid, sekaligus sebagai wujud kepedulian kami dan masyarakat Menteng mengenai kebersihan,” ujar Jusri Fathma Hakim dalam keterangan yang diterima Republika.

Jusri menambahkan, “Bagi kami, kebersihan akan terus menjadi prioritas karena kami ingin Jakarta yang nyaman, bersih, dan sehat.”

Camat Menteng Bondan Dyah Ekawati mengaku, merasa bangga atas kepedulian warganya, terbukti dengan penyerahan truk sampah tersebut.

“Saya sungguh bangga dan sangat menghargai partisipasi warga saya. Saya terus berdoa, mudah-mudahan inisiatif Ibu Jusri dapat menjadi contoh bagi warga yang lain,” katanya. Bayu Meghantara menjelaskan, pengelolaan kebersihan yang dilakukan Pemprov DKI dari waktu ke waktu mengalami perubahan.

“Dulu, kebersihan di DKI Jakarta 90 persen dikelola swasta. Tapi, sekarang ini total pengelolaannya dikerjakan sendiri. Oleh karena itu, kami sangat kekurangan, terutama tenaga Dinas Kebersihan. Dengan partisipasi Yayasan Al Hakim ini, kami sangat menghargainya,” kata Bayu.

Ketua harian Yayasan Al Hakim Navitri Ciptotomo mengatakan, kegiatan Ramadhan Yayasan Al Hakim Menteng berjalan sejak hari pertama Ramadhan. Jumlah jamaah pun tidak berkurang dari ke hari.

“Kami sangat berbahagia karena yang ikut dalam kegiatan Ramadhan cukup banyak dan meriah. Insya Allah, pada tahun yang akan datang akan lebih baik dan tentu akan terus ditingkatkan pelayannya kepada jamaah,” ujar Navitri.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA