Idul Fitri di Kashmir Berlangsung Hari Ini

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Bilal Ramadhan

 Selasa 29 Jul 2014 10:45 WIB

Tradisi Sehar Khan di Kashmir. Foto: khabarsouthasia.com Tradisi Sehar Khan di Kashmir.

REPUBLIKA.CO.ID, KASHMIR-- Idul Fitri yang menjadi puncak bulan suci Ramadhan di Jammu dan Kashmir, India diperingati pada Selasa (29/7). Shalat Id diselenggarakan di Hazratbal, tempat suci di pinggiran Srinagar dan Masjid Jamia dimana puluhan ribu Muslim bepartisipasi.

Dilansir dari Kashmir Dispatch, Selasa (29/7), Shalat Id dilaksanakan di Eidgahs, masjid, dan kuil hari ini. Di Sirinagar, jamaah akan melakukan Shalat Id di kota bersejarah, Eidgahs pada pukul 10.15 waktu setempat.

Ketua The Hurriyat Conference, Mirwaiz Farooq mengarakan puluhan ribu umat akan bermunajat dan berdoa khusus pada kesempatan tersebut. Shalat Id pada Selasa juga diselenggarakan di Dargah Asar-e-Sharif di Hazratbal. Shalat akan digelar pada pukul 11.00 waktu setempat.

Pemerintah lokal di Kashmir telah mengerahkan berbagai departemen dan lembaga untuk memastikan fasilitas yang memadai untuk menunjang puncak ibadah tersebut. Layanan transportasi publik dan swasta akan mengangkut orang-orang ke dan dari Eidgah.

Departemen Lalu Lintas akan mengatur pergerakan kendaraan di berbagai rute. Keamanan juga ditingkatkan di seluruh wilayah untuk perayaan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X