Senin 21 Jul 2014 15:30 WIB

Scan PET-MRI Diagnosis Pasien Lebih Akurat

Red:

Pasien yang tengah menjalani perawatan inap di rumah sakit membutuhkan diagnosis penyakit yang cepat. Teknologi scanning penyakit yang akurat sangat dibutuhkan.

"Terlepas dari kemajuan teknologi medis, sesungguhnya apa yang pasien butuhkan adalah diagnosis juga pengobatan yang cepat dan akurat," urai CEO Mount Elizabeth Hospital dan Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura, dr Kelvin Loh.

Ketika Singapura terus membuat kemajuan dalam peningkatan dunia medis, Loh mengamati bahwa pelayanan medis masih kurang dan belum dapat memenuhi kebutuhan pasien pada masa sekarang. Melihat celah tersebut, Mount Elizabeth Novena Hospital membuat ruang untuk mengakomodasi peralatan medis yang lebih canggih, seperti Scan PET-MRI.

Dalam pencitraan PET-MRI, kombinasi dari pencitraan molekul positron emission (PET) computer tomography (CT) dan kontras jaringan lunak dari magnetic resonance imaging (MRI) memungkinkan mesin untuk menangkap gambar dari sel yang sakit hingga menyebar ke dalam jaringan lunak. "Bila dibandingkan dengan metode deteksi lainnya, scan PET - MRI menawarkan sensitivitas yang lebih tinggi dan akurasi yang lebih besar bagi banyak penyakit, seperti kanker dan penyakit kardiovaskular yang umum," papar  Loh.

Terdapat dua rumah sakit di Singapura  memiliki scanner CT paling canggih. Menurutnya, setiap rumah sakit kelak harus memiliki alat ini. Lantaran deteksinya sangat mengurangi kerusakan akibat paparan radiasi ke sel-sel jantung. rep:Indah wulandari ed:khoirul azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement