Kamis 17 Jul 2014 11:44 WIB

Prabowo-Hatta Menang Telak di Sampang

Rep: c30/ Red: Muhammad Hafil
Prabowo Hatta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut satu Prabowo-Hatta unggul telak di Kabupaten Sampang Madura, Jawa Timur. Prabowo-Hatta meraih 74, 47 persen suara di 14 kecamatan yang ada.

Pasangan yang diusung Koalisi Merah Putih itu mendapatkan total suara sebesar 474.752. Sedangkan pasangan nomor urut dua Jokowi-JK meraup sebanyak 162.785 total suara atau 25,53 persen. Sementara suara tidak sah tercatat sebesar 6448.

Komisioner KPU Kabupaten Sampang Addy Imansyah mengatakan, dari 805.409 daftar pemilih tetap (DPT), 643.985 di antaranya menggunakan hak pilih mereka dalam pemilihan 9 Juli lalu. "Partisipasi pemilih di Sampang mencapai 79,8 persen," katanya saat dihubungi, Kamis (17/7).

Menurut dia, partisipasi pemilih dalam pemilihan presiden (pilpres) tidak sebesar ketika pemilihan legislatif (pileg). Hal ini memang selalu terjadi setiap pilpres dilangsungkan. Sebab, kata dia, kultur masyarakat di Sampang memang seperti itu, dimana dalam pileg masyarakat lebih mengenal calon legislatif yang akan mereka pilih. Sehingga bisa meningkatkan partisipasi pemilih.

Addy menambahkan, terkait 17 TPS dimana pasangan Jokowi-JK mendapat 0 persen suara, KPU Sampang sudah melakukan audit terhadap semua TPS itu. Dia mengklaim tidak menemukan kecurangan dari petugas KPPS di masing-masing TPS.

"Dari investigasi internal kami di lapangan, tidak ada kecurangan dan semua dilakukan sesuai prosedur dan aturan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement