Kamis 17 Jul 2014 03:00 WIB

Prabowo-Hatta Menang di Kantong NU dan PKB

Pilpres 2014
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pilpres 2014

REPUBLIKA.CO.ID, BONDOWOSO -- Pasangan Prabowo Subianto dengan Hatta Rajasa unggul dalam perolehan suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014 di Kabupaten Bondowoso dan Situbondo, Jawa Timur.

Informasi dari KPU Bondowoso, Rabu (16/7) malam menyebutkan bahwa pasangan capres dan cawapres urut nomor 1 itu memperoleh 270.778 suara, sedangkan pasangan nomor urut 2 Joko Widodo dengan M Jusuf Kalla (Jokowi-Jusuf Kalla) memperoleh 175.467 suara dengan suara tidak sah 6.117 suara.

Sementara itu di Kabupaten Situbondo, pasangan Prabowo Subianto dengan Hatta Rajasa memperoleh 220.034 suara, sedangkan Joko Widodo dengan Jusuf Kalla memperoleh Jokowi 153.018 dengan suara tidak sah 2.592 suara.

Kemenangan pasangan Koalisi Merah Putih di daerah basis NU dan PKB itu diyakini banyak kalangan tidak lepas dari peran dan dukungan ulama berpengaruh di Situbondo, yakni KH Kholil As'ad Syamsul Arifin, salah satu putra dari tokoh NU terkemuka, almarhum KH As'ad Syamsul Arifin.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bondowoso Hairul Anam mengatakan bahwa hasil perolehan suara kedua pasangan capres dan cawapres itu dikumpulkan dari 23 Kecamatan di daerah yang dikenal sebagai penghasil tapai itu.

Ia menjelaskan bahwa secara umum pelaksanaan pemilu di Bondowoso berjalan lancar dan aman. Meskipun demikian, ia mengakui bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilpres ini lebih rendah dibandingkan dengan pemilihan legislatif.

"Kalau saat pemilihan legislatif tingkat partisipasi masyarakat mencapai 80 persen, di Pilpres ini turun menjadi 75 persen," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement