Rabu 16 Jul 2014 21:41 WIB

Dishub DKI Uji Coba ERP

Red:

SUDIRMAN — Sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) untuk pertama kalinya diuji coba, Selasa (15/7). Uji coba akan dilakukan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, mulai pukul 15.00 WIB.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Muhammad Akbar mengatakan bahwa uji coba perdana dilakukan untuk menguji sinkronisasi antara gantry (gerbang pendeteksi) dan alat OBU (On-Board Unit) yang dipasang di kendaraan. Namun, untuk uji coba pada Selasa kemarin, kendaraan yang diuji baru dari petugas Dishub dan perusahaan Kapsch sebagai penyedia layanan ERP.

"Baru nyoba, mungkin satu atau dua mobil petugas. Mau ngetes gerbangnya dulu, bisa berfungsi tidak," kata Akbar usai menghadiri acara Peduli Ramadhan dan Penyerahan Pendayagunaan hasil zakat, infak, dan sedekah bersama Plt Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Istora Senayan, Jakarta, Selasa.

Akbar menjelaskan, jika sistem gantry dan OBU telah berfungsi dengan baik, alat "Kira-kira satu pekan, akan dilakukan uji cobanya dulu terhadap kendaraan milik Kapsch dan petugas supaya dapat memantau integrasinya ke sentral operator. Setelah itu, baru diujicobakan ke kendaraan yang sering melintas di jalan itu," ujar Akbar.

Selama uji coba perdana berlangsung, Akbar menjelaskan, tidak akan ada pengaruhan arus lalu lintas di sekitar Jalan Sudirman. Selain itu, belum ada sanksi tegas bagi pengendara melintas yang belum terpasang OBU.

"Enggak ada konsekuensi apa-apa atau pengaruh apa-apa pada lalu lintas umum," kata Akbar.

Saat ini, Gantry ERP baru terpasang di jalur lambat, tepatnya di depan gedung Bank Panin Senayan. Gerbang yang telah dibangun sejak Minggu (6/7) tersebut, melingkupi penuh ruas jalur lambat Jalan Sudirman dengan tinggi sepanjang tujuh meter serta dilengkapi dengan tiga kamera pendeteksi di langit-langitnya.

Peraturan ERP secara penuh akan diterapkan pada awal 2015 nanti guna membatasi jumlah kendaraan di Jakarta. Rencananya peraturan akan diberlakukan di beberapa ruas jalan protokol utama di Jakarta, seperti Jalan HR Rasuna Said, Jalan Gatot Subroto, dan Jalan Sudirman-Thamrin. n c63 ed: karta raharja ucu

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement