Selasa 15 Jul 2014 14:38 WIB

Coblos Ulang di Lampung, Jokowi-JK Menang

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Mansyur Faqih
Ratusan relawan Jokowi-JK melakukan aksi seribu lilin di halaman kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, sabtu (12/7).
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Ratusan relawan Jokowi-JK melakukan aksi seribu lilin di halaman kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, sabtu (12/7).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 03 Kelurahan Pinang Jaya, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung, Selasa (15/7), berlangsung lancar dan aman.

Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) menang 271 suara sedangkan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mendapat 139 suara.

Keunggulan Jokowi-JK mengulangi sukses pada pilpres 9 Juli lalu. Meski pun dengan tingkat partisipasi pemilih yang turun. 

Tercatat, ada 410 suara yang masuk dengan tiga suara tidak sah. Padahal, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) TPS 03 sebanyak 567 pemilih. Pada pilpres 9 Juli, tingkat partisipasi pemilih hampir mencapai 100 persen.

Ketua KPU Kota Bandar Lampung, Fauzi Heri mengakui ada penurunan partisipasi pemilih. Meski pun ia sudah meminta Bawaslu dan dua tim pemenangan untuk mensosialisasi ke masyarakat.

"Kami sudah minta Bawaslu yang merekomendasi PSU, dan kedua tim pasangan untuk gencar sosialisasi PSU. Mungkin ini juga bukan hari pencoblosan yang diliburkan," ujarnya.

Pada PSU kali ini, kedua saksi mempertanyakan surat suara yang tidak dicoblos dengan paku sesuai aturannya. Satu suara suara ditemukan membolongkan pilihannya tidak dengan paku. 

Ketua Bawaslu Lampung, Fatikhatul Khoiriyah, menyatakan surat suara tersebut tidak sah. Karena aturannya menggunakan paku. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement