Senin 14 Jul 2014 08:40 WIB

Media Jerman Sanjung Kemenangan Tim Panser

Timnas Jerman
Foto: Reuters/Dylan Martinez
Timnas Jerman

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Media Jerman pada Ahad (13/7) bergembira setelah kemenangan Jerman atas Argentina di final Piala Dunia 2014 yang diselenggarakan di Brasil.

N-TV menyatakan di jejaringnya itu adalah kemenangan gemilang sebab Jerman menjadi negara Eropa pertama yang menjadi juara Piala Dunia yang digelar di Amerika Latin.

''Jarang terdapat begitu banyak kesempatan di final Piala Dunia,'' kata Spiegel Online. ''Kemenangan Jerman diraih melalui pertandingan yang berjalan alot.''

Harian Bild mengatakan pertandingan final itu seperti "thriller sepak bola" dan sangat mendebarkan. Lembaga siaran masyarakat ARD mengatakan,"Itu adalah perjuangan berat buat tim yang dipimpin oleh Pelatih Joachim Loew."

Tim nasional Jerman mampu menganugerahi Jerman dengan gelar juara Piala Dunia Keempat setelah pada 1954, 1974 dan 1990 lewat gol pada babak tambahan waktu oleh Mario Goetze.

"Goetze, Kamu benar-benar istimewa," begitu pujian dari surat kabar Bild setelah Goetze menciptakan gol dan menyebut dia "dewa sepak bola".

Kemenangan di Rio de Janeiro itu sempurna, kata harian itu, sebagaimana dikutip Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi. "Generasi emas akhirnya telah diberkahi karena semangat juangnya dan upayanya yang tak kenal lelah."

Der Tagesspiegel mengatakan kemenangan tersebut adalah saat penobatan buat generasi pemain sepak bola yang seringkali nyaris meraih gelar, tapi belum bisa mewujudkan sampai akhir.

''Itu juga adalah kemenangan buat Loew yang mampu menepis tudingan bahwa tak ada yang bisa diraih bersama dia,'' tambah media Jerman itu.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement