Rabu 09 Jul 2014 17:54 WIB

Pesta Kembang Api Rayakan Kemenangan Jerman

Rep: C60/ Red: Citra Listya Rini
Warga Jerman meluapkan kegembiraan mereka setelah Timnas Jerman memastikan diri melenggang ke final Piala Dunia 2014 usai mengalahkan tuan rumah Brasil pada Rabu (9/7) dini hari WIB.
Foto: Reuters/Thomas Peter
Warga Jerman meluapkan kegembiraan mereka setelah Timnas Jerman memastikan diri melenggang ke final Piala Dunia 2014 usai mengalahkan tuan rumah Brasil pada Rabu (9/7) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Pesta kembang api mewarnai langit malam kota Berlin, Jerman. Warga kota keluar dari rumah-rumah mereka untuk berbahagia merayakan kemenangan spektakuler Jerman atas Brasil.

Media lokal menggambarkan kebahagiaan warga Ibu Kota Jerman seperti saat runtuhnya tembok berlin di tahun 1989. Warga Berlin berbahagia karena tim kesayangan mereka lolos ke babak final Piala Dunia. Mereka juga berbahagia karena tim yang mereka kalahkan adalah tuan rumah, Brasil.

Pun, Jerman mencetak sejarah dengan kemenangan terbesar sepanjang sejarah, 7-1 atas Brasil. Salah satu tempat favorit untuk berkumpul sambil mendukung tim nasional mereka adalah di Gerbang Brandenburg di jantung kota Berlin. Tradisi nonton bareng Piala Dunia di taman itu sudah dimulai sejak 2006."Betapa indah hari ini. Hari ini tidak terlupakan," teriak warga Berlin seperti dikutip nytimes, Rabu (9/7).

Ratusan ribu pendukung Jerman yang memadati area yang membentang dari Gerbang Brandenburg hingga patung emas Victory Column. Di area sepanjang 1.3 kilometer itu para supporter berteriak setiap kali gol tercipta. 

"Malam ini luar biasa. Ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Tidak ada yang memperkirakan akan seperti ini. Ini sejarah baru," kata Uli Schimidt (64) salah seorang pernsiunan guru yang ikut nonton bareng di Benteng Brandenburg.

Kemeriahan di Berlin malam itu terjadi hampir ndi semua tempat, di taman, restoran, cafe hingga rumah-rumah. Di jalan raya, mobil-mobil yang melintas membunyikan klakson sebagai ungkapan kebahagiaan.

"Saya merasa sangat bangga terhadap timnas Jerman. Saya pikir Jerman akan meraih kemenangan lagi," ujar Mathias Lehman (28) sperti dikuti Reuters. Dia mengatakan untuk mendapatkan tempat di lokasi ini, Lehman datang sembilan jam sebelum kick off dimulai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement