Rabu 09 Jul 2014 16:41 WIB

Bahkan Jerman Juga Terkejut Kalahkan Brasil 7-1

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Citra Listya Rini
Timnas Jerman
Foto: Reuters/Henry Romero
Timnas Jerman

REPUBLIKA.CO.ID, BELO HORIZONTE -- Tidak ada yang pernah menyangka negara paling sukses di gelaran Piala Dunia, Brasil, bisa ditekuk Jerman dengan skor telak 1-7 pada semifinal Piala Dunia 2014, Rabu (9/7) dini hari WIB. Bahkan sang lawan, Jerman, berbagi keterkejutan yang sama atas hasil di Stadion Mineirao, Belo Horizonte tersebut.

Meski tanpa kehadiran Neymar dan Thiago Silva, tapi Brasil sebenarnya dianggap mampu untuk memberikan perlawanan terhadap Jerman jelang laga pertama babak empat besar Piala Dunia 2014. Namun, laga itu justru berakhir antiklimaks buat publik Brasil.

Dimulai dari gol Thomas Mueller pada menit ke-11 dan ditutup gol Andrea Schurrle pada menit ke-79, Jerman berhasil mempermalukan tuan rumah dan melangkah ke babak final.Berbagai pihak terkejut atas hasil ini, bahkan termasuk pelatih Jerman, Joachim Loew.

''Kami berhasil mengatasi tekanan yang diberikan publik tuan rumah kepada kami. Tapi, kami juga sadar bisa tampil maksimal dan akhirnya memetik hasil positif. Tapi, harus diakui, kami jelas tidak pernah membayangkan hasilnya bakal seperti ini,'' kata Loew di laman resmi FIFA.

Tidak hanya Loew, pencetak gol pembuka Jerman, Thomas Mueller, juga mengaku, tidak bisa mempercayai hasil dan permainan yang ditunjukan tim Samba di laga tersebut. ''Saya benar-benar tidak bisa berkata apa-apa lagi. Saya tidak mempercayai ini, karena hasil ini benar-benar gila. Tapi buat kami laga ini berjalan dengan sangat sempurna,'' kata Mueller di Press Association.

Gelandang timnas Jerman, Toni Kroos, mencoba untuk tetap objektif. Menurutnya, tim Brasil tampil begitu buruk dan kerap ragu-ragu dalam melakukan gerakan, baik itu saat menyerang ataupun kala bertahan. Kondisi ini dimanfaatkan secara sempurna oleh timnas Jerman. Pencetak dua gol di laga itu pun kini membidik torehan trofi buat Jerman di partai final Piala Dunia 2014.

''Kami percaya bisa melakukannya dan meraih hasil bagus sejak menit pertama, sementara mereka lebih ragu-ragu dan tidak yakin dengan segala keputusan gerakan yang mereka ambil. Hal inilah yang benar-benar kami manfaatkan. Tapi, kami cukup senang dan bangga bisa melaju ke babak final,'' ujar Kroos di laman resmi FIFA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement