Selasa 08 Jul 2014 12:32 WIB

Pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung Dipercepat

Red:

JAKARTA --  PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) melalui salah satu unit usahanya, PT Cimanggis Cibitung Tollways, selaku pemegang hak konsesi jalan tol ruas Cimanggis-Cibitung akan mempercepat proses pembangunan jalan tol Cimanggis-Cibitung. Pembayaran uang ganti rugi pembebasan lahan seksi I akan segera dilakukan setelah ditandatanganinya perjanjian dana bergulir Badan Layanan Umum (BLU) dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum mengucurkan dana ganti rugi.

"Hari ini, kita sudah menandatangani perjanjian dana bergulir pembebasan lahan tol Cimangis-Cibitung dari BLU-BPJT Kementerian Pekerjaan Umum," kata Direktur Utama PT Cimanggis Cibitung Tollways AD Erlangga, di Jakarta, Senin (7/7), dalam siaran pers yang diterima Republika.

Dengan dana tersebut, Erlangga optimistis PT Cimanggis Cibitung Tollways dapat segera menyelesaikan proses ganti rugi tahap pertama lahan masyarakat. Diakuinya, proses pembebasan lahan tersebut memang sempat mengalami keterlambatan karena alotnya proses negosiasi.

Ia menyebutkan, berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum, estimasi awal kebutuhan dana ganti rugi guna pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol Cimanggis-Cibitung mencapai Rp 1,3 triliun, untuk lima seksi. Lima seksi tersebut mulai dari seksi I dari Cimanggis-Transyogi sepanjang 3,5 kilometer, seksi II Transyogi-Cikeas, seksi III dari Cikeas-Narogong sepanjang 3,5 kilometer, seksi IV dari Narogong-Setu sepanjang 8,8 kilometer, dan seksi V dari Setu ke Cibitung sepanjang 7,6 kilometer. 

Erlangga mengungkapkan, pada 18 Juni 2014 lalu, PT Cimanggis-Cibitung Tollways mengajukan dana kepada BLU-BPJT Kementerian Pekerjaan Umum untuk pengadaan lahan seksi I sebesar Rp 453 miliar dari total kebutuhan untuk pembebasan lahan mencapai Rp1,3 triliun. "Berdasarkan perhitungan, luas seluruh lahan yang harus dibebaskan mencapai 280 hektare dengan perhitungan panjang tol 25,39 kilometer, dikalikan lebar 60-80 meter di samping kanan dan kiri jalan. "Diperkirakan lahan yang yang harus dibebaskan mencapai 280 hektare," kata Erlangga.

Pembangunan jalan tol Cimanggis-Cibitung merupakan bagian dari proyek jaringan tol Jakarta Outer Ring Road II (JORR II). ed:irwan kelana

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement