Selasa 08 Jul 2014 12:32 WIB

leisure community- Latihan Menulis Selama Liburan

Red:

Banyak cara mengisi liburan. Jika ingin liburan menjadi momen produktif untuk aktualisasi diri, coba ikuti kegiatan bermanfaat seperti yang digelar Komunitas Women Script & Co (WSC). Komunitas penulis perempuan yang terbentuk pada November 2011 mengadakan kegiatan pelatihan menulis yang terbuka untuk umum. Tidak hanya untuk dewasa, ada juga pelatihan menulis bagi anak-anak. "Kami ingin berbagi virus menulis dengan biaya yang terjangkau," ujar Ketua Umum WSC Deka Amalia Ridwan.

Sepanjang Juli, WSC mengadakan serangkaian kegiatan. Pelatihan menulis artikel majalah internal digelar pada 9 Juli dengan biaya Rp 50 ribu, pelatihan menulis cerpen dan kisah inspiratif diadakan pada 11 Juli dengan biaya Rp 50 ribu dan penulisan artikel majalah lifestyle dilaksanakan pada 13 Juli dengan biaya Rp 100 ribu. Sementara itu, kegiatan pelatihan menulis untuk anak digelar pada 12 dan 13 Juli dengan biaya Rp 100 ribu. Deka mengatakan, pelatihan menulis tersebut merupakan kegiatan rutin offline WSC. "Selain pelatihan menulis, ada penjualan buku dengan harga diskon," ucapnya.

Deka berharap, kegiatan tersebut memotivasi masyarakat menyukai membaca dan menulis. WSC terbentuk dari jejaring media sosial, Facebook. Didorong minat yang sama di bidang kepenulisan, mereka membentuk komunitas menulis. Mereka ingin kebersamaannya bermanfaat ketimbang sekadar chatting dan mengobrol tanpa makna.

Awalnya, komunitas WSC beranggotakan 500 orang, tapi kini berkembang hingga 1.500 orang. Anggotanya tak hanya di Indonesia, tapi ada juga di luar negeri. WSC percaya, setiap orang mampu menulis, tetapi semuanya bergantung pada masing-masing individu memotivasi dirinya agar produktif menulis. WSC membantu mendorong produktivitas tersebut. Tidak hanya di dalam negeri, Women Script & Co menyebarkan virus menulis hingga ke luar Indonesia. Anggota WSC terdiri atas perempuan yang sukses menjadi penulis maupun mereka yang merintis karier menulisnya. Anggota yang menjadi penulis atau yang menerbitkan buku, biasanya membagi ilmunya dengan anggota lain.

Kegiatan WSC terdiri atas dua jenis, yakni online dan offline. Kegiatan online berupa berbagi ilmu lewat Facebook. Sedangkan, kegiatan offline berupa pelatihan menulis yang diadakan setiap bulan. Berkat keiatan-kegiatan tersebut, tak sedikit anggota WSC berhasil menelurkan karyanya, baik dalam bentuk buku ataupun naskah film televisi. Hingga kini, komunitas tersebut menerbitkan buku secara indie, yakni Love Asset, Endless Love dan 101 Perempuan Berkisah yang ditulis para angotanya.

Para anggota aktif mengirimkan tulisan ke majalah dan koran. Selain itu, WSC membantu menerbitkan buku para anggotanya. Komunitas ini berharap, mereka eksis dan menjadi media bagi tiap orang agar bisa produktif dalam menulis. Bagi Anda perempuan yang suka menulis dan ingin bergabung dengan WSC, bisa bergabung lewat surel sekretariatnya di [email protected] atau melalui akun Twitter di @womenscriptnco. rep:qommarria rostanti ed: reiny dwinanda

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement