Selasa 08 Jul 2014 04:00 WIB

Ini Syarat Pilpres Jurdil Versi Hasyim Muzadi

KH Hasyim Muzadi
Foto: Antara/Widodo S Jusuf
KH Hasyim Muzadi

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH - Mantan ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi mengatakan, Pilpres 2014 dapat berjalan baik dan menghasilkan pemilihan demokratis jika semua pihak terutama penyelenggara pemilu dapat bertindak jujur dan adil (jurdil).

"Penyelenggara pemilu, yakni KPU maupun pengawas pemilu yakni Bawaslu, DKPP dan Polri dapat bersikap jujur dan adil," kata Hasyim Muzadi di Madinah, Selasa (8/7).

Menurut Hasyim, selain penyelenggara pemilu, masyarakat pemilih, terutama pandukung pasangan capres-cawapres, hendaknya bersikap jujur dan adil, tidak melakukan kecurangan dan pelanggaran.

Mantan calon wakil presiden Megawati Soekarnoputri itu menjelaskan, selama ini kendala dan konflik pemilu karena adanya kecurangan dan pelanggaran. "Penyakit pemilu selama ini adalah kecurangan dan pelanggaran, seperti poplitik uang, jual beli suara, dan sebagainya," katanya.

Menurut dia, masyarakat perlu terus diimbau agar pemilih pasangan capres-cawapres sesuai dengan hati nuraninya, tidak perlu terpengaruh oleh iming-iming tertentu. Masyarakat pemilih, kata dia, harus terus diingatkan untuk menentukan pilihannya sesuai dengan hati nurani.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement