Ahad 06 Jul 2014 14:00 WIB
samba 2014

Pesan Obama untuk Howard

Red: operator

Presiden Amerika Serikat (AS)Barack Obama memuji penam pilan Clint Dempsey dan kawan-kawan meski kalah dari Belgia pada babak perdela- pan final Piala Dunia 2014. Obama juga mengapresiasi skuad the Yanks yang berhasil mengangkat citra sepak bola di hati masyarakat AS.

Dalam video percakapan telepon Obama dengan Dempsey dan Howard, Presiden ke-44 Amerika itu tak menyangka tim AS tampil dengan begitu fantastis. "Anda membuat kami bangga," kata Obama langsung dari kantor kepresidenan di Gedung Putih, Washington D.C.

Presiden dari Partai Demokrat itu menilai permainan anak asuh Juergen Klinsmann itu sangat berkelas dan mampu mencuri perhatian warga AS.

Sepak bola memang bukan olahraga favorit di AS ketimbang basket, baseball, atau american football. "Kalian mampu tampil berkelas dan membuat orang-orang di sini menghargai olahraga ini (sepak bola)," kata Obama. Presiden yang mengaku masih menyimpan jaket tim AS ini pun yakin sepak bola akan terus berkembang di Negeri Paman Sam.

Obama tak lupa memberi pesan khusus kepada kiper Tim Howard. Pesan pada bintang AS di Piala Dunia itu adalah imbauan untuk mencukur janggut demi menghindari serbuan fan.

Menurut Obama, kedatangan tim AS akan mendapat sambutan fan yang luar biasa. Mendengar hal itu dari sang Presiden, Howard pun tertawa dan mengucapkan terima kasih atas pujiannya."Saya sarankan kamu mencukur janggut," canda Obama.

Sebelumnya pada Selasa (1/7), Obama melakukan nonton bareng di Gedung Putih bersama staf-stafnya untuk mendukung perjuangan tim nasional AS. Namun, hasil mengecewakan harus diterima AS di Arena Fonte Nova, Salvador, karena kalah 1-2 dari Vincent Kompany dan kawan-kawan.

Meski kalah, Obama tetap menaruh rasa hormat dan menilai sikap Dempsey dan kawan-kawan bisa menjadi contoh baik untuk seluruh olahragawan di AS. Pada akhir pembicaraan, Obama berharap bisa segera bertemu dengan pemain-pemain AS di Gedung Putih.

Bukan kali ini saja Obama berinteraksi dengan timnas Amerika. Sebelumnya, presiden yang pernah menghabiskan masa kecilnya di Indonesia itu memberikan pujiannya kepada para pemain Amerika Serikat yang sukses melaju ke babak 16 besar Piala Dunia.

Hanya berselang beberapa jam dengan keberhasilan tersebut, Obama dari Amerika langsung menyampaikan pujiannya. "Kita tidak bisa lebih bangga dibandingkan mereka. Mereka tidak gentar dan dalam prosesnya banyak orang jadi percaya," katanya.

Ini adalah keempat kalinya tim dari Negeri Paman Sam itu berhasil melewati babak penyisihan grup di Piala Dunia. Penampilan terbaik mereka adalah maju ke perempat final pada 2002. Di babak 16 besar, Amerika telah menghadapi Belgia pada 1 Juli lalu. rep:c71 ed: abdullah sammy

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement