Jumat 04 Jul 2014 12:00 WIB

Materi Khutbah Pilihan

Red:

"Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik." (QS al-Nahl [16]: 125).

"Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf dan mencegah dari yang munkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung." (QS Ali Imran [3]: 104).

Kedua ayat di atas pada dasarnya menyeru siapa pun yang  menjalankan tugas tabligh dengan cara dan materi yang penuh hikmah, kearifan, dan betul-betul memberikan pencerahan dan jalan keluar terhadap berbagai permasalahan umat.

Salah satu keterampilan yang mesti dimiliki seorang mubaligh adalah kecermatannya dalam menyeleksi materi dakwah yang disampaikan. Selain itu, tidak semua materi yang telah diseleksi itu cocok dan tepat disampaikan dalam berbagai forum dakwah. Sebagai contoh, khutbah Jumat memiliki karakter dan kekhususan tersendiri yang protokolernya telah ditentukan Alquran dan sunah Rasul.

Buku ini menampikan lebih 80 topik khutbah Jumat yang pernah disampaikan di Masjid Agung Sunda Kelapa dalam kurun 2012-2013.  Materi khutbah tersebut disampaikan khatib, ulama, cendekiawan, profesional, mubaligh, pimpinan pesantren, dan akademisi terpilih.

Mereka, antara lain, Prof Dr Nasaruddin Umar MA (saat ini menjabat wakil menteri agama), Prof Dr KH Ali Mutafa Ya’qub MA, Prof Dr KH Ahsin Sakho Muhammad MA, Prof Dr H Dien Syamsuddin MA, Prof Dr H Amin Rais MA, Prof Dr  H M Amin Summa SH MA, Prof Dr H A Thib raya MA, Prof Dr Rifyal Ka’bah MA, Prof KH Didin Hafidhuddin, Dr KH Zakky Mubarak, Syekh Ali Shaleh Muhammad Ali Jaber, Dr Mukhlis Hanafi MA, juga Dr H Rahmat Hidayat SE MT.

Oleh editor, kumpulan khutbah tersebut dibagi menjadi empat belas bab, yakni keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, Alquran sebagai pedoman dalam kehidupan, Rasulullah teladan kami, ibadah dan keutamaannya, Ramadhan penuh rahmat, dan hari kemenangan. Kemudian, menyelami makna haji, Islam sebagai way of life, pendidikan dan dakwah Islam, karakter kepemimpinan dalam Islam, dan manusia sebagai makhluk mulia. Selanjutnya, akhlak mulia, membangun ukhuwah Islamiyah, dan muhasabah diri.

Saat memberikan kata pengantar buku ini, Prof Dr Nasaruddin Umar MA menegaskan, khutbah-khutbah terpilih dalam buku ini senantiasa mengajak umat Islam untuk selalu meningkatkan kualitas takwa, menyuburkan ukhuwah Islamiyah, dan menyemaikan toleransi antarumat beragama, serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal-hal  seperti inilah yang  membedakan kompilasi khutbah ini dengan kompilasi sejenisnya yang telah terbit selama ini.

Buku ini sangat perlu dibaca, terutama oleh para mubaligh atau juru dakwah di berbagai daearah di Indonesia untuk memperkaya materi khutbah Jumat mereka. Tentu saja, buku ini juga sangat perlu dibaca siapa saja yang ingin memperdalam ajaran-ajaran Islam dan mendapatkan pencerahan. rep:irwan kelana ed: hafidz muftisany

Judul: Khutbah Jumat 2012-2013 Masjid Agung Sunda Kelapa

Editor: Dr H Fathurin Zein SH MSi, Dr Sutrisno Muslimin MSi, dan Rahmawati Sag

Penerbit: Masjid Agung Sunda Kelapa

Cetakan: I, 2014

Tebal:  xxii+434 hlm

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement