Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Helikopter Presiden Afghanistan Hancur Oleh Roket Taliban

Jumat 04 Jul 2014 10:54 WIB

Red: Hazliansyah

Kekerasan melanda Afghanistan (ilustrasi)

Kekerasan melanda Afghanistan (ilustrasi)

Foto: Reuters/Hamid Khatib

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Gerilyawan Taliban melancarkan serangan ke Bandara Kabul, Kamis. Mereka melontarkan roket yang menghancurkan helikopter presiden Afghanistan yang tengah diparkir serta merusak tiga helikopter lainnya.

"Tiga helikopter mengalami kerusakan dan dapat diperbaiki, sementara helikopter Presiden Hamid Karzai hancur," kata Mayor Jenderal Afzal Aman, direktur jenderal operasi militer, kepada AFP.

Mohammad Yaqub Rassouli, kepala bandara, mengatakan bahwa petugas pemadam kebakaran langsung bergegas memadamkan kobaran api di hanggar. Akibat kejadian ini, Bandara yang juga menjadi pangkalan besar NATO  serta terminal peberbangan sipil ke kota-kota seperti Dubai, New Delhi dan Istanbul, membuat beberapa penerbangan dihentikan.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. "Ada korban jiwa dan kerugian finansial, dan beberapa pesawat yang terbakar," dalam pesan elektroniknya kepada AFP.

Penyerangan terjadi sehari setelah seorang pembom bunuh diri Taliban di Kabul menewaskan delapan perwira militer, yang sedang bepergian dengan bus militer.

sumber : Antara/AFP
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA