Sabtu 28 Jun 2014 13:40 WIB

Kontroversi Piala Dunia 2014: Kovac tak Mau Makan Sushi Lagi

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Didi Purwadi
Niko Kovac
Foto: Reuters/Damir Sagolj
Niko Kovac

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- "Saya tak akan memakan Sushi lagi." Demikian ekspresi kekesalan Niko Kovac terhadap kepemimpinan wasit asal Jepang, Yuichi Nishimura, pada laga pembuka Piala Dunia 2014.

Pelatih Kroasia itu menyebut keputusan Nishimura telah mengubah jalannya pertandingan antara tim besutannya kontra Brasil. Menurut Kovac, semestinya laga itu minimal berakhir imbang jika Nishimura tak menghadiahkan penalti untuk tim tuan rumah.

Hingga pertengahan babak kedua, laga di Arena Corinthians, Sau Paulo, itu masih berjalan imbang 1-1. Pada menit ke-70, penyerang Brasil, Fred, terjatuh di kotak penalti Kroasia.

Nishimura pun menunjuk titik putih. Neymar tak menyia-nyiakan hadiah penalti tersebut untuk membawa Selecao berbalik unggul 2-1.

Dalam tayangan ulang, terlihat tak terjadi kontak fisik antara Dejan Louvren dan Fred sesaat sebelum terjadinya penalti. Laga tersebut berakhir dengan skor 3-1 berkat gol tambahan Brasil yang dicetak Oscar pada babak injury time.

Kekalahan dari Brasil menutup peluang Kroasia lolos ke babak 16 besar meski pada laga kedua berhasil membantai Kamerun empat gol tanpa balas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement