Sabtu 28 Jun 2014 13:00 WIB

Kontroversi Piala Dunia 2014: Nasib Gol Edin Dzeko

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Didi Purwadi
Edin Dzeko
Foto: Reuters/Ueslei Marcelino
Edin Dzeko

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Bosnia-Herzegovina dipastikan tersingkir dari persaingan Grup F Piala Dunia 2014 setelah menderita kekalahan pada dua laga pertama. Tim besutan Safet Susic gagal mendulang satu pun poin ketika tumbang 0-1 dari Nigeria melalui gol tunggal Peter Odemwingie.

Hanya, Bosnia-Herzegovina semestinya bisa memiliki nasib yang lebih baik seandainya wasit Peter O'Leary lebih cermat dalam membuat keputusan. Kontroversi pada laga di Arena Pantanal, Cuiaba, tersebut bermula saat Miralem Pjanic menyodorkan umpan terobosan kepada Edin Dzeko pada menit ke-20.

Dzeko yang berdiri bebas tak terkawal sukses menceploskan bola melewati adangan kiper Vincent Enyeama. Namun, sebelum Dzeko melakukan selebrasi, O'Leary lebih dulu menganulir gol tersebut karena melihat hakim garis mengangkat bendera kuning pertanda offside.

Pada tayangan ulang, Dzeko terbukti berada dalam posisi onside sebelum mencetak gol tersebut.

Gol Odemwingie pada menit ke-29 juga sedikit beraroma kontroversi. Pemain-pemain Bosnia-Herzegovina memprotes pelanggaran terhadap Haris Medunjanin sebelum Odemwingie menjebol gawang Asmir Begovic.

Seandainya gol Dzeko tak dianulir, Bosnia-Herzegovina masih memiliki peluang untuk meraih tiket ke babak 16 besar jika mampu mengalahkan Iran pada laga pamungkas. Karena, faktanya Bosnia mampu menghancurkan Iran 3-1 di laga terakhir grup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement