Jumat 27 Jun 2014 05:14 WIB

Sepuluh Pemain Belgia Berhasil Tundukan Korsel

Rep: C84/ Red: Citra Listya Rini
Jan Vertonghen (kiri).
Foto: AP Photo
Jan Vertonghen (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO -- Jan Vertonghen yang menjabat sebagai kapten tim berhasil membawa Belgia melaju dengan poin sempurna ke babak 16 besar Piala Dunia 2014. The Red Devils mengalahkan Korea Selatan dengan skor tipis 1-0 di Arena Corinthians, São Paulo, Jumat (27/6) dinihari WIB.

Vertonghen berhasil memanfaatkan bola muntah hasil tendangan pemain pengganti Divock Origi pada menit ke-77 untuk membawa timnya unggul 1-0. Belgia yang telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar menyimpan sejumlah pemain andalannya di bangku cadangan.

Meski begitu hal ini tidak mengendurkan kekuatan Belgia. Belgia langsung mengambil inisiatif penyerangan dengan aksi Mertens dan Januzaj yang bergantian mengirim umpan dari sisi kanan dan kiri Korsel.

Skuat negeri Ginseng yang membutuhkan kemenangan untuk lolos juga tidak ingin kalah melalui umpan-umpan pendek. Korsel coba merangsek secara perlahan ke kotak penalti Belgia. Namun, barisan belakang Belgia yang dikomandoi Van Buyten masih terlalu rapat untuk ditembus.

Kevin Mirallas hampir memecah kebuntuan di menit ke-19 jika saja dirinya tidak terperangkap offside. Peluang emas Belgia muncul enam menit berselang. Mertens yang berdiri sendiri di bibir gawang tak mampu memaksimalkan peluangnya dengan baik.

Tendangan Mertens masih melebar hingga tak berhasil merubah kedudukan. Jeong Ho Hong menjadi penerima kartu kuning pertama setelah dirinya melanggar Mirallas di menit ke-35. Menjelang turun minum petaka menghampiri the Red Devils setelah pemainnya Steven Defour diusir keluar oleh wasit.

Defour mendapat kartu merah langsung setelah dirinya dengan sengaja menginjak kaki Shin Wook. Hingga turun minum skor tak berubah 0-0 untuk kedua tim. Selepas rehat, Korsel lebih mengintensifkan tekanan. Manuver Lee lewat sisi kanan pertahanan Belgia mampu dihalau dengan baik oleh Courtois di menit ke-52.

Delapan menit berselang Korsel kembali mengancam melalui kaki Son sayang kiper Atletico Madrid ini masih terlalu tangguh. Belgia akhirnya membuktikan kualitas mereka sebagai tim yang patut diperhitungkan setelah Vertonghen berhasil memecah kebuntuan di menit ke-77.

Gol pemain Tottenham Hotspurs ini juga menjadi satu-satunya gol dalam laga ini. Lewat satu golnya ini Vertonghen berhasil membawa Belgia meraih poin penuh dari tiga laga yang dilakoninya dibabak grup. Dengan hasil ini Belgia akan bertemu runner up Grup G yang ditempati Amerika Serikat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement