Kamis 26 Jun 2014 21:58 WIB

Catatan Menarik Jelang Laga AS-Jerman

Rep: C84/ Red: Citra Listya Rini
Timnas Jerman
Foto: Reuters/Arnd Wiegmann
Timnas Jerman

REPUBLIKA.CO.ID, RECIFE -- Amerika Serikat (AS) dan Jerman akan bertemu pada laga pamungkas Grup G, Kamis (26/6) malam WIB. Kedua tim hanya butuh hasil imbang untuk melaju ke fase knock out dan memupus peluang Portugal dan Ghana.

Berikut ini beberapa catatan menarik jelang laga AS kontra Jerman seperti yang dihimpun Goal. Jerman hanya kalah sekali dari 20 laga di babak grup mereka di putaran final Piala Dunia. Serbia menjadi tim terakhir yang mengalahkan Jerman dengan skor 1-0 pada 2010.

AS selalu kemasukan gol di 15 laga terakhir mereka di Piala Dunia melawan tim dari Eropa. Tujuh dari delapan gol AS di Piala Dunia tercipta di babak kedua. AS bisa mencetak gol di delapan laga Piala Dunia secara berurutan, rekor terbaik sejak delapan laga Piala Dunia sebelumnya (1930-1990).

Dalam empat pertemuan terakhir, tercipta 19 gol secara keseluruhan, rata-rata 4,8 gol per laga.AS mencetak 12 gol di empat laga terakhir melawan Jerman.Klinsmann bermain di tiga Piala Dunia, meraih trofi juara pada 1990.

Dia mencetak tiga gol di turnamen ini dan 11 gol secara total di semua turnamen Piala Dunia yang diikutinya. Klinsmann menjadi satu-satunya pelatih di Piala Dunia 2014 yang menghadapi negaranya sendiri di babak grup.

Kedua tim dua kali berduel di Piala Dunia (1998 dan 2002), di mana Jerman memenangi keduanya. Secara total, kedua tim sudah sembilan kali bertemu dengan Jerman menang enam dan AS tiga.

Juergen Klinsmann membawa Jerman meraih peringkat tiga di Piala Dunia 2006. Joachim Loew merupakan asistennya pada waktu itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement