Rabu 25 Jun 2014 09:07 WIB

Prabowo-Hatta Sudah Ungguli Jokowi-JK

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Esthi Maharani
Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut satu Prabowo serta-Hatta Rajasa melambaikan tangan menyapa simpatisan saat masuk area Kampanye Akbar di Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (22/6). (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu, Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, semakin optimistis jelang pemungutan suara Pemilihan Umum Presiden 9 Juli 2014. 

Optimisme tersebut tak lepas dari sejumlah hasil survei yang menunjukkan elektabilitas Prabowo-Hatta telah melampaui elektabilitas capres dan cawapres nomor urut dua, Joko Widodo dan Jusuf Kalla.  

"Dari survei-survei menunjukkan bahwa Prabowo-Hatta saat ini sudah crossing, sudah berada di atas," ujar Hatta kepada wartawan seusai menghadiri acara Dzikir Merah Putih di Jalan Soewiryo Nomor 2, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (24/6) malam.

Menurutnya, peningkatan elektabilitasnya tak lepas dari dukungan seluruh elemen. Termasuk di dalamnya antara lain partai politik pendukung Koalisi Merah Putih maupun relawan Prabowo-Hatta. Kampanye berupa pertemuan-pertemuan yang dilakukannya dinilai Hatta juga berperan dalam peningkatan elektabilitas.  

"Dan dukungan ini memang luar biasa, mengalir luar biasa.  Di daerah-daerah, kami merasakan itu," ujar Hatta.

Ia mengharapkan dengan sisa waktu yang ada bisa semakin memperkuat dukungan kepada pasangan nomor urut satu tersebut.

Berdasarkan jajak pendapat Institut Survei Indonesia, elektabilitas Prabowo-Hatta tercatat 37,48 persen atau sedikit lebih tinggi dibanding Jokowi-JK 35,13 persen.

Sedangkan berdasarkan survei yang dilakukan Political Communication Institute (Polcomm), elektabilitas Prabowo-Hatta 43,3 persen atau lebih rendah dibanding Jokowi-JK 46,4 persen.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement