Selasa 24 Jun 2014 19:50 WIB

Peluang Amerika Serikat di Grup Maut

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Citra Listya Rini
Pemain Timnas Amerika Serikat
Foto: Reuters/Stephen Lam
Pemain Timnas Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO -- Pelatih Timnas Amerika Serikat (AS), Juergen Klinsmann mengatakan, timnya harus mampu merebut tiga poin saat melawan Jerman dalam pertandingan terakhir mereka di Grup G pada Kamis (26/6) malam WIB.

Klinsmaan mengaku tidak akan puas jika laga tersebut nantinya berakhir dengan hasil imbang.Jerman saat ini memimpin grup dengan empat poin setelah menundukkan Portugal 4-0 dan ditahan imbang 2-2 oleh Ghana. Sementara, AS yang memetik kemenangan 2-1 atas Ghana dan hasil seri 2-2 dengan Portugal, juga mengumpulkan empat poin.

Namun, skuat Paman Sam untuk sementara harus puas bertengger di urutan dua pada klasemen Grup G lantaran kalah selisih gol dari Der Panzer. Di pihak lain, Portugal dan Ghana saat ini sama-sama mengantongi satu angka.

Dengan modal empat poin tersebut, peluang AS untuk melaju ke babak 16 besar menjadi cukup spekulatif. Selain harus mampu menumbangkan juara dunia tiga kali Jerman pada laga Kamis nanti, peluang tim asuhan Klinsmann juga akan sangat bergantung pada hasil pertandingan Portugal vs Ghana.Jika kalah dari Jerman, AS dipastikan lolos ke fase perdelapan final asal duel antara Portugal dan Ghana berakhir seri.

Peluang semacam ini akan berbalik menjadi mimpi buruk bagi Amerika jika ternyata Ghana berhasil mengalahkan Portugal dengan skor minimal 2-0.  Kalau itu yang terjadi, maka Sulley Muntari dan kawan-kawan berhak menemani Jerman ke babak 16 besar dengan modal menang selisih gol.

“Sekarang, kami tidak punya pilihan selain menyusun ulang kekuatan kembali. Karena kami harus bersiap-siap untuk menghadapi pertandingan besar pada Kamis ini,” kata gelandang AS Michael Bradley, seperti dikutip ESPN, Selasa (24/6).

AS nyaris saja menjadi pemuncak Grup G sebelum gawang mereka akhirnya dibobol oleh tim Selecao pada detik-detik terakhir injury time dalam laga yang digelar di Arena Amazonia, kemarin (23/6). Akibatnya, AS yang tadinya sempat unggul 2-1 dari Portugal, harus puas dengan hasil akhir imbang.

“Ini adalah grup maut. Kami tidak ingin kalah 2-1 (dari Jerman), sehingga  kami harus pulang. Kami akan memainkan laga terakhir grup ini dengan membawa harapan besar,” kata kiper AS, Tim Howard.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement