Selasa 24 Jun 2014 13:52 WIB
resensi

Solusi Masalah Kesehatan

Red:

Mengelola laman www.blogdokter.net, I Made Wirawan mengumpulkan sejumlah pertanyaan yang paling sering diajukan oleh pengunjung blognya. Ulasannya kini terangkum dalam buku @blogdokter. Dengan penjelasannya yang membumi, ia membahas kesehatan anak, perempuan, dan laki-laki.

Memindahkan edukasi kesehatan dari blog ke buku, Wirawan membuat masyarakat yang tak akrab dengan blognya bisa mengakses artikel-artikel terbaik dari www.blogdokter.net.

Buku tersebut diawali dengan informasi seputar masalah perempuan. Mulai dari pemeriksaan kesehatan sebelum hamil, asupan gizi selama mengandung, diabetes pada kehamilan, serta seluk beluk pre eklampsia dan eklampsia.

Di bagian berikutnya, Wirawan membahas masalah kewanitaan, contohnya tentang endometriosis dan kista ovarium. Kondisi yang mengharuskan perempuan untuk melakukan aborsi juga turut diulas. Demikian pula, dengan operasi caesar serta cara melahirkan tanpa rasa sakit. Di samping itu, ada juga penjelasan mengenai seks dan menopause.

Selanjutnya, Wirawan mengajak pembaca masuk pembahasan mengenai bayi dan anak. Melihat banyak orang tua yang masih belum mengetahui cara memandikan bayi dan merawat kulit bayi, ia memberikan panduan yang tepat. Persoalan yang tampaknya sepele, namun penting untuk dipelajari ayah dan bunda pun lengkap tersaji, mulai dari cara mengatasi hidung tersumbat, meredakan "derita" bayi saat tumbuh gigi, cara merawat gigi bayi, dan berani ke dokter gigi.

Selain itu, ada pula bahasan mengenai makanan yang dibutuhkan anak, cara mencegah obesitas anak, mengapa anak batuk, bahaya hipertemia, dan sakit kepala seperti apa yang terjadi pada anak dan mesti diwaspadai. Wirawan juga mengingatkan kebiasaan mengompol yang bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang serius terhadap anak.

Lantas, pada bagian ketiga dibahas mengenai kesehatan pria. Apa saja ciri depresi pada pria, gejala kanker yang sering diabaikan pria, dan mengenal kanker prostat menjadi pembahasan utama. Selain itu, Wirawan memaparkan penyebab ketidaksuburan pada pria. Tersedia pula solusi meningkatkan kesuburan pria dengan cara sederhana. Agar sperma berkualitas, contohnya, pria dianjurkan mengonsumsi buah dan sayur.

Terakhir, Wirawan membahas mengenai menopause pada pria. Buku @blogdokter turut memuat penjelasan seputar masalah kesehatan umum lainnya, seperti cara menghindari malapraktik atau zat-zat berbahaya dalam kosmetik, lengkap mencerahkan pembaca.

Buku ini sangat menarik, aplikatif, dan praktis. Buku tersebut bisa menjadi semacam panduan lengkap tentang kesehatan bagi banyak orang. Penulis membuat isu kesehatan lebih mudah dipahami melalui buku itu. Jika selama ini kita menyimpan obat-obatan di rumah, buku ini wajib disimpan pula sebagai pelengkap agar hidup lebih sehat. rep:desy susilawati  ed: reiny dwinanda

Judul        : @blokdokter

Penulis      : Dr Ir Made C Irawan

Penerbit    : Noura Books

Tebal        : 288 halaman

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement