Kamis 19 Jun 2014 13:50 WIB

Duh, Ternyata Papan Talenan Bisa Jadi Sarang Kuman

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Nidia Zuraya
Papan talenan bisa menjadi sarang kuman, menurut hasil penelitian yang dilakukan baru-baru ini.
Papan talenan bisa menjadi sarang kuman, menurut hasil penelitian yang dilakukan baru-baru ini.

REPUBLIKA.CO.ID, ROLers, talenan atau papan pemotongan dapat terkontaminasi dengan kuman yang resistan terhadap jenis obat manapun. Sebuah penelitian di Swiss meneliti 154 papan talenan di Universitas Hospital Basel dan 144 talenan dari rumah-rumah pribadi di sekitarnya.

Papan talenan itu biasa mereka gunakan untuk memotong ayam, daging sapi, domba, babi, hingga ikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 6,5 persen dari papan talenan rumah sakit itu dan 3,5 persen dari talenan pribadi milik rumah tangga terkontaminasi dengan bakteri E-Coli yang resistan.

 

Dilansir dari Easy Good Health, Kamis (19/6), para peneliti juga menguji 20 pasang sarung tangan dari pekerja dapur rumah sakit setelah mereka memotong unggas. Peneliti menemukan bahwa 50 persen dari sarung tangan itu terkontaminasi dengan banyak bakteri E coli yang resistan.

Hasil penelitian ini sudah diterbitkan di Jurnal Infection Control and Hospital Epidemiology. "Penyebaran bakteri resistan ini bisa terjadi dimana saja, di level rumah tangga bahkan di rumah sakit," kata salah seorang peneliti, Dr Andreas Widmer.

Temuan ini, kata Widmer menekankan pentingnya kebersihan tangan, tidak hanya sewaktu Anda menangani unggas mentah, tapi juga setelah Anda terkontak langsung dengan papan talenan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement