Rabu 18 Jun 2014 15:00 WIB

Pesantren Ramadhan Bentuk Karakter

Red:

PADANG PANJANG — Bulan Suci Ramadhan 1435 H akan segera tiba. Pemerintah Kota (Pemkot) Padang Panjang, Sumatra Barat (Sumbar), akan mengisi bulan suci bagi umat Islam itu dengan menggelar pesantren Ramadhan bagi pelajar.

"Pelajar dari berbagai tingkatan, seperti sekolah dasar, SMP, dan SMA akan mengikuti pesantren Ramdhan tahun ini," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota (Setdakot) Padang Panjang, Nuldryman, di Padang Panjang, Senin (16/6).

Nuldryman mengatakan kegiatan pesantren Ramadhan bisa membentuk karakter Islam pada siswa. "Pesantren kilat merupakan suatu kegiatan yang sangat positif untuk dilakukan dalam rangka membentuk karakter Islami pada siswa di sekolah," ujarnya, seperti dikutip kantor berita Antara.

Pesantren kilat, ia mengungkapkan, dapat membina akhlakul karimah para siswa serta memperkenalkan kepada siswa untuk menjadikan masjid sebagai wadah mempersatukan umat. Selain itu, Nuldryman menjelaskan, pesantren kilat juga bisa membentengi akhlak dan moral para siswa agar tidak terpengaruh pada budaya global yang negatif.

Sebelum menggelar pesantren Ramadhan, Pemkot Padang Panjang akan melaksanakan bimbingan tehnis (bintek) bagi para kepala sekolah seputar pelaksanaan pesantren Ramadhan itu.

"Agar pelaksanaannya bisa berjalan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan maka pihak sekolah terlebih dahulu akan diberikan bimtek seputar pelaksanaan pesantren Ramahdan tersebut," katanya.

Untuk peserta, ia menambahkan, pelajar SD hanya siswa kelas empat sampai enam, untuk SMP dan SMA siswa kelas satu sampai tiga. "Waktu pelaksanaannya kami akan mulai pada 30 Juni sampai 19 Juli 2014. Seminggu siswa SD, seminggu siswa SMP, dan seminggu siswa SMA," ujarnya memaparkan.

Lokasi pelaksanaan pesantren Ramadhan diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah. "Sekolah boleh menunjuk lokasi yang dirasa bagus karena kami tidak memberikan batasan atau memberikan lokasi khusus kepala pihak penyelenggara," katanya.

Seorang warga, Geni Mardianti (40 tahun), mengapresiasi rencana  Pemkot Padang Panjang bersama pihak sekolah selama bulan suci Ramadhan tahun ini. "Ini sangat bermanfaat untuk mengisi waktu pada bulan Ramadhan karena kegiatan keagamaan itu akan bisa membentuk karakter manusia," ujarnya.

Wakil Wali Kota Padang Panjang Mawardi berharap agar masyarakat mendukung pelaksanaan pesantren Ramadhan tersebut sehingga bisa berjalan lancar. "Peran serta masyarakat sangat menentukan sukses atau tidaknya sebuah kegiatan, termasuk pesantren Ramadhan," katanya tegas. ed: heri ruslan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement