Rabu 18 Jun 2014 01:10 WIB

Fakta Menarik Laga Brasil versus Meksiko

Rep: C84/ Red: Didi Purwadi
Timnas Meksiko
Foto: Reuters/Marcelo del Pozo
Timnas Meksiko

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Tuan rumah Brasil akan menghadapi Meksiko pada laga kedua Grup A Piala Dunia 2014 yang dihelat di Stadion Governador Placido Aderaldo Castelo, Fortaleza, Rabu (18/6) dini hari WIB ini.

Pada pertandingan pertama baik Brasil maupun Meksiko berhasil mengalahkan lawan-lawannya. Kemenangan menjadi hal mutlak yang harus diraih kedua tim untuk membuka jalan ke babak selanjutnya.

Ada sejumlah data dan fakta menarik yang dihimpun Goal dalam pertandingan antara Brasil kontra Meksiko. Berikut daftarnya:

- Kedua tim sudah bertemu 26 kali di berbagai ajang. Brasil masih unggul dengan meraih 16 kemenangan, tiga kali imbang, dan delapan kekalahan.

- Di turnmanen Piala Dunia, Brasil baru bertemu tiga kali dengan Meksiko. Hasilnya, tim Samba mampu meraih kemenangan yakni pada Piala Dunia 1950 (4-0), 1954 (5-0), dan 1962 (2-0).

- Pertemuan terakhir Brasil vs Meksiko juga terjadi di Estadio Governador Placido Aderaldo Castelo, Fortaleza, pada ajang Piala Konfederasi 2013. Pada laga itu, kembali Brasil menang dengan skor 2-0 lewat gol yang dilesakkan Neymar dan Joao Silva.

- Dalam pertemuan kedua tim, Brasil berhasil mencetak 49 gol dengan rincian 33 gol saat bermain di kandang dan 16 gol di laga tandang. Sedangkan, Meksiko baru melesakkan 28 gol dengan rincian 11 gol di kandang dan 17 gol saat laga tandang.

- Jika Brasil meraih kemenangan atas Meksiko, maka itu akan menjadi kemenangan kesembilan Luis Felipe Scolari di Piala Dunia.

Catatan itu menyamai yang ditorehkan Carlos Alberto Parreira yang kini menjadi Direktur Teknik Brasil. Catatan kemenangan terbanyak pelatih Brasil masih dipegang Mario Zagallo dengan 13 kemenangan.

- Cuneyt Cakir yang akan menjadi wasit pada pertandingan Brasil vs Meksiko adalah wasit kedua asal Turki yang memimpin jalannya pertandingan di Piala Dunia. Wasit pertama asal Turki yang memimpin pertandingan Piala Dunia adalah Dogan Babacan di Piala Dunia 1974 Jerman.

- Prestasi terbaik Meksiko di Piala Dunia adalah mencapai babak perempat final saat Piala Dunia 1970 dan 1986 yang digelar di negara mereka sendiri. Sebaliknya, Brasil sudah berhasil menjuarai Piala Dunia lima kali pada 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement