Selasa 17 Jun 2014 12:00 WIB
ta'aruf

Koalisi Komunitas Dakwah Online Gelar Festival Islam

Red:

JAKARTA-- Kata "koalisi" bukan hanya milik para praktisi politik yang sedang meramaikan Pemilihan Presiden 2014. Praktik koalisi pun dilakoni sejumlah komunitas dakwah di jejaring sosial Twitter. Mereka bahkan menunjukkan eksistensi di ranah nyata dengan menyelenggarakan festival Islam bertajuk "Be a Better Muslim" pada Ahad (15/6).

"Kami menggabungkan diri dengan nama 'Komunitas Aku Cinta Islam'," kata Ketua Pelaksana Festival Panji Nursamsi kepada Republika di sela-sela acara yang berlokasi di Auditorium dan Area Pameran Lantai Tiga Gedung BPPT Jakarta.

Komunitas Aku Cinta Islam, lanjut dia, merupakan gabungan dari banyak komunitas dakwah via jejaring sosial, di antaranya, komunitas Peduli Jilbab, Komunitas Man Jada wa Jada, dan masih banyak lagi yang tidak ia sebutkan satu per satu.  Dijelaskannya, festival Islam yang dihadiri lebih dari 500 orang ini merupakan acara Islami yang menggabungkan banyak konsep dari mulai seminar, talk show, hiburan Islami, seperti pertunjukan drama, pembacaan puisi, serta acara mini class di luar ruangan.

"Pemandu mini class itu dari Al-Azhar. Di sana, para peserta bisa konsultasi dan berbagi topik apa pun dengan sesama peserta dan narasumber yang dihadirkan," ujarnya.

Dalam festival ini juga hadir berderet stan bazar yang menjual produk-produk Islami. Tujuan festival, lanjut dia, adalah menjadikan sesama teman komunitas bisa bersilaturahim secara nyata. Tak melulu melalui ranah maya. Selain itu, kebersamaan yang terjalin antarpemateri, peserta, dan pembicara menjadi semakin menguatkan semangat untuk terus memperbaiki diri, menjadi Muslim yang lebih baik lagi.

Dari festival ini, ia berharap, seluruh peserta yang didominasi "akhwat" alias perempuan ini merasa bangga menjadi seorang Muslim, menjadi Muslim sepenuhnya, dan mau terus memperbaiki diri semakin baik lagi setiap hari. rep:c78 ed: wachidah handasah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement