Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

Jembatan Ampera Dipasang Kamera Pemantau

Kamis 12 Jun 2014 07:40 WIB

Red: Nidia Zuraya

Jembatan Ampera Palembang, ilustrasi

Jembatan Ampera Palembang, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Jembatan Ampera yang merupakan aset nasional di Kota Palembang kini sedang dicat untuk menambah keindahan bangunan bersejarah itu, dan telah dipasang kamera pemantau atau CCTV.

"Pemasangan kamera CCTV itu menjadi salah satu upaya untuk memastikan tidak ada pengrusakan terhadap ikon kota tersebut," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Perencanaan Pengawasan Jalan Nasional Kota Palembang Kementerian PU, Ahmad Taruna Jaya, Kamis (12/6).

Menurut dia, kamera pemantau tersebut akan merekam setiap kegiatan di atas jembatan yang membentang di Sungai Musi dari bagian hulu ke hilir. Dengan target tidak adalagi upaya pengrusakan yang dilakukan oknum warga terhadap bangunan bersejarah itu, tambahnya.

Ia mengatakan, Jembatan Ampera juga dalam proses pengecatan untuk menambah cantik dan indah sarana penyeberangan itu. Proses pengecatan dilaksanakan selama enam bulan dan telah dimulai sejak Maret.

Dia menjelaskan, menjaga aset bersejarah tersebut hendaknya dilakukan secara bersama-sama sehingga dapat bertahan lama. Selama ini, harus diakui masih ada oknum masyarakat yang jahil merusak sarana pendukung mobilitas itu.

Taruna menambahkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pemkot setempat, terkait upaya melestarikan jembatan itu. "Kerja sama antar semua pihak menjadikan ikon Kota Palembang itu bertahan dan kuat tentu tanggung jawab bersama," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA