Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Bayi Anda Suka Kentut? Perhatikan Tips Ini

Kamis 12 Jun 2014 06:41 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Citra Listya Rini

Bayi kembar (ilustrasi)

Bayi kembar (ilustrasi)

Foto: hollywoodlife.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda kebingungan karena bayi Anda terlampau sering kentut dan bau? Ada sejumlah hal yang perlu dilakukan orang tua, khususnya ibu untuk mengatasi masalah tersebut, dilansir dari Easy Good Health, Kamis (12/6).

Pertama, jika Anda adalah ibu menyusui, maka telisik lagi makanan yang Anda masukkan dalam diet Anda selama menyusui yang bisa berkontribusi meningkatnya kandungan gas di perut bayi Anda sehingga mereka lebih sering kentut dari  biasanya.

Kedua, jika bayi Anda diberikan susu formula, maka untuk mengurangi gas di dalam perut bayi, berikan jarak antara bayi minum susu dengan bayi mengonsumsi makanan lain.

Ketiga, gunakan vent alias botol susu bayi yang sedikit berlekuk atau miring. Ini akan membantu mengurangi udara yang tertelan sewaktu bayi meminum susu dari botolnya. Ini juga akan mengurangi risiko bayi sering bersendawa.

Keempat, ibu bisa menggunakan gas drops yang aman untuk membuang gas yang terlampau banyak berada di dalam perut bayi. Namun, peru diingat bahwa sering kali gas drops ini kurang efektif dan harganya juga mahal.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA