Selasa 10 Jun 2014 10:55 WIB

Brasil: Sepak Bola Lebih Penting Daripada Politik

Paulo Alberto da Silveira Soares
Foto: Antara
Paulo Alberto da Silveira Soares

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Brasil untuk Indonesia Paulo Alberto da Silveira Soares menyatakan bahwa sepak bola adalah kegiatan yang menyatukan seluruh masyarakat di Brasil, serta menimbulkan kegembiraan.

"Kami memandang sepak bola bukan sebagai sekadar olahraga, namun ini adalah seni. Menurut saya ini lebih penting daripada politik dan ekonomi, karena kegiatan inilah yang menyatukan masyarakat Brasil," kata Paulo dalam pembukaan pameran foto 'Jagat Laga Bola' di Galeri Foto Jurnalistik Antara Jakarta, pada Selasa malam.

Oleh sebab itu masyarakat Brasil menjadikan momen Piala Dunia yang diselenggarakan di negara Samba itu, sebagai pesta besar, karena sepak bola bukan hanya sekadar olahraga bagi mereka.

"Karena sepakbola siapapun bisa bahagia dan bersatu tanpa mengenal perbedaan. Tua muda, kaya miskin, dari masyarakat marginal hingga kepala negara dapat bersatu, berpesta dan bergembira," kata Paulo.

Paulo kemudian menambahkan bahwa sepakbola adalah obat pelipur lara yang gratis dan mudah didapatkan bagi masyarakat Brasil.

"Ini permainan gratis yang membahagiakan, kami menikmatinya. Dan yang membuat sepakbola di Brasil berbeda dengan sepakbola di negara lain adalah permainan ini kami mainkan dengan gembira dan ini menjadi pelipur lara dikala kami sedih," kata Paulo.

Selain itu Paulo juga memandang bahwa sepakbola memiliki kemampuan yang besar untuk mendekatkan relasi antar negara.

"Sepakbola adalah bagian dari hubungan bilateral antar negara. Anda dapat melihat, bahkan perbedaan antar bangsa dapat disatukan melalui sepakbola," pungkas Paulo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement