Jumat 06 Jun 2014 14:00 WIB
metropol

Puskesmas DKI akan Miliki Dokter Spesialis

Red:

BALAI KOTA — Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta akan menempatkan minimal dua dokter spesialis di semua puskesmas di Ibu Kota. Pemprov DKI menggandeng Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI RSCM) dalam menyukseskan program tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Dien Emmawati mengatakan, dengan menempatkan dokter spesialis di semua puskesmas Jakarta, akan mengurangi jumlah pasien rujukan ke rumah sakit. Dien mencontohkan penurunan jumlah pasien rujukan terjadi di daerah Jakarta Barat dan Jakarta Utara. “Terbukti penurunan rujukan cukup tinggi kalau kita lihat tadi, dulu 13 persen sekarang jadi empat persen rujukannya,” ujarnya kemaren.

Selain dengan menempatkan dokter spesialis di puskesmas, kerja sama lain yang disepakati Dinkes DKI dengan FKUI RSCM, yakni tranfer tenaga spesialis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan kerja sama ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU) dan Pediatric Intensive Care Unit (PICU) RSCM dengan rumah sakit swasta. Sehingga, menurut Dien, pasien yang dirawat di RSUD akan mendapat pelayanan serupa di RSCM.

rep:c63 ed: karta raharja ucu

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement