Jumat 06 Jun 2014 13:42 WIB

Hulk: Scolari Pemersatu Tim

Rep: C71/ Red: Didi Purwadi
Pelatih Timnas Brasil, Luiz Felipe Scolari (tengah), memberikan instruksi kepada para pemainnya dalam sesi latihan di Teresopolis, Rio de Janeiro, Brasil, pada 28 Mei lalu.
Foto: Reuters/Ricardo Moraes
Pelatih Timnas Brasil, Luiz Felipe Scolari (tengah), memberikan instruksi kepada para pemainnya dalam sesi latihan di Teresopolis, Rio de Janeiro, Brasil, pada 28 Mei lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Striker Brasil, Hulk, menilai Luiz Felipe Scolari memiliki pengaruh besar dalam menyatukan tim nasional Brasil. Pemain yang bernama lengkap Givanildo Vieira de Souza ini percaya kesuksesan Brasil di Piala Konfederasi karena hubungan skuat yang erat berkat kepemimpinan Scolari.

"Ini adalah kumpulan pemain brilian," kata Hulk seperti diberitakan Goal. Ia juga mengaku skuat Selecao selalu diisi pemain-pemain yang berkualitas sejak pertama kali membela timnas Brasil pada 2009.

Menurut Hulk, Brasil harus melewati periode yang sulit dengan membentuk tim yang solid dan menunjukkan kekuatan terbaiknya. Jika hal itu terjadi, Brasil dapat mengulang sukses seperti dalam Piala Konfederasi tahun lalu.

Hulk yakin Scolari adalah sosok yang tepat untuk menjaga kekompakan anak-anak Selecao. Ia menganggap Scolari sebagai sosok yang ramah dan mampu membuat seluruh personel tim merasa berada di rumah. Hal itu berlaku untuk pemain yang sudah berpengalaman maupun pendatang baru.

"Saya menilai bukan dari perkataannya, tapi lebih kepada cara dia turun (ke tim)," kata striker berusia 27 tahun itu.

Ia mencontohkan dalam peraturan yang dibuat Scolari tentang jadwal makan tim. Pelatih yang sukses membawa Brasil juara Piala Dunia 2002 itu mewajibkan tim untuk makan siang dan makan malam bersama.

"Kami harus tetap di tempat hingga semua orang selesai. Hal itu berujung menjadi kebiasaan dan berdampak baik," kata Hulk.

Meski hanya persoalan sepele, tetapi Hulk menganggap peraturan itu membantu setiap orang merasa terikat satu sama lain. Felipao, julukan Scolari, lebih baik dari yang lain karena tahu pentingnya kebersamaan tim.

Striker yang saat ini membela Zenit Saint Petersburg di Liga Rusia ini sudah mencatat 33 penampilan bersama Brasil dan mencetak delapan gol. Ia mengaku beberapa tim seperti Spanyol, Jerman, Italia, Belanda, dan Argentina adalah tim hebat.

"Selain lawan besar itu, saya pikir Uruguay dan Belgia akan mampu membuat kejutan," kata Hulk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement