Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

rehal

Membina Keluarga Islami

Jumat 06 Jun 2014 13:00 WIB

Red:

Menikah adalah ibadah setengah agama karena di dalamnya banyak terdapat ibadah yang tidak bisa dipenuhi jika tidak atau belum menikah. Dan, berbicara pernikahan, Rasulullah SAW adalah teladan terbaik dalam memperlakukan istri dan anak-anaknya.

Buku yang ditulis oleh Majid Sulaiman Daudin ini mengungkapkan rahasia membina keluarga Islami dengan meneladani Rasulullah SAW. Penulis menegaskan, kehidupan rumah tangga pada hakikatnya adalah sebuah kerajaan iman. Dalam artian, suami adalah rajanya, istri adalah ratunya, dan anak-anak adalah rakyatnya. Suami adalah raja yang memimpin kerajaan dan mengendalikan semua urusannya karena dialah yang menerima beban tanggung jawab serta amanat.

Istri adalah ratu karena ia adalah teman hidup, kawan berjuang, saudara kaum laki-laki, bagian dari masyarakat, dan sekaligus seorang kekasih. Interaksi positif, kesatuan dan persatuan, kecenderungan, rasa kasih sayang, serta keterpaduan akan membuahkan hasil  yang baik dan penuh berkah. 

“Raja, ratu, dan anak-anak secara bersama-sama membentuk keluarga yang merupakan batu pertama bagi sebuah bangunan besar bernama umat terbaik.” (hlm 2).

Secara keseluruhan, buku ini disajikan dalam uraian 18 bab kecil yang sangat memikat untuk dibaca. Sebut saja, menikah, pilihan atau sunah, istri salihah, perempuan itu telah kutemukan, di ambang pernikahan, malam pengantin, di atas ranjang halal, rahasia-rahasia, dan benteng yang kokoh.

Berikutnya adalah saling membantu dalam kebajikan dan ketakwaan, dibolehkannya berdusta, kunci-kunci hati suami, perang dan bukan cinta, antara berbakti kepada orang tua dan hak-hak istri, dan bisikan iman suami kepada istri.

Seperti ditegaskan penulis, buku ini sangat perlu dibaca oleh suami dan istri yang hendak membangun sebuah mahligai keluarga Islami yang benar dan lepas dari segala noda yang mencemari kecerahan cakrawalanya. Buku ini penting bagi suami istri yang ingin mengenal rahasia-rahasia kehidupan mahligai rumah tangga yang bahagia dan lapang, serta suami dan istri yang ingin menjalankan bahtera rumah tangganya pada laut kesucian lahir batin, mulai dari pelabuhan malam pengantin hingga mencapai tujuan.

rep:irwan kelana ed: hafidz muftisany

Judul: Kado Untuk Suami Istri

Penulis: Majid Sulaiman Daudin

Penerbit: Gema Insani Press

Cetakan: I, April 2014

Tebal:  164 hlm

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA