Kamis 05 Jun 2014 07:10 WIB

Gebrakan Timnas Paman Sam

Rep: C56/ Red: Didi Purwadi
Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2014 (ilustrasi)
Foto: Reuters/Stephen Lam
Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2014 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pada Piala Dunia 2002, Amerika Serikat tergabung bersama tuan rumah Korea Selatan, Portugal dan Polandia.

Portugal sebagai tim yang mayoritas bermain di Liga Eropa jelas lebih menjanjikan untuk lolos ke babak 16 besar. Begiu juga dengan Korea Selatan yang menjadi tuan rumah, mempunyai ambisi lebih agar mampu lolos dari kualifikasi grup.

Namun hari ini, 16 tahun lalu, atau 5 juni 2002, timnas Amerika Serikat berhasil menyingkirkan argumen tersebut. Datang dengan tim yang diperkuat Landon Donovan muda, AS nyatanya berhasil memperlihatkan bahwa mereka bukanlah tim yang bisa diremehkan.

Pada pertandingan pertama, Portugal berhasil dikejutkan dengan  permainan atraktif mereka. Tim Paman Sam akhirnya unggul dari Portugal 3-2. Pada pertandingan kedua, Amerika bermain imbang dari tuan rumah Korea Selatan 1-1 dan kalah dari Polandia 1-3 di laga penutup.

Meski hanya memiliki poin 4, namun Amerika berhak lolos bersama Korea Selatan yang menjadi juara grup.

Di babak 16 besar, Amerika kembali membuat kejutan. Menghadapi musuh bubuyutan Meksiko, mereka berhasil unggul lewat gol Brian Mcbride dan Landon Donovan. USA menang 2-0.

Sayang di perempat final mereka harus mengakui kehebatan Jerman dan menyerah 0-1. Meski gagal melaju ke semifinal, predikat ini menjadi salah satu yang terbaik diraih USA setelah absen di Piala Dunia sejak 1950.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement