Selasa 03 Jun 2014 20:16 WIB

Jokowi Ditengarai Dihalangi Bertemu Keluarga KH Ahmad Dahlan

Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rencana pertemuan calon presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan Keluarga Besar pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan di Langgar Kidul, Kauman, Yogyakarta, pada Senin (3/6) batal. Ditengarai ada pihak-pihak tertentu yang berusaha menghalangi pertemuan tersebut.

Widiyastuti, selaku juru bicara keluarga KH Ahmad Dahlan, dalam keterangan tertulisnya, yang diterima di Jakarta, Selasa, membenarkan bahwa ada pihak-pihak yang menghalangi pertemuan Jokowi dan keluarga KH Ahmad Dahlan.

"Kami sangat menyayangkan adanya pihak-pihak tertentu yang dengan sengaja membuat coretan di dinding dekat Langgar Kidul yang. Menjelekkan Bapak Jokowi. Karena itu menjadi salah satu sebab akhirnya Bapak Jokowi tidak jadi berkunjung ke keluarga KH Ahmad Dahlan," katanya.

Menurut dia, keluarga KH A Dahlan terbuka kepada semua kandidat Capres untuk berkunjung ke bekas tempat tinggal KH A Dahlan. Jangankan Capres, turis asing pun banyak yang berkunjung untuk melihat sejarah berdirinya Muhammadiyah. Namun dengan kejadian tersebut, membuat kesan ada penolakan dari keluarga KH A Dahlan. 

"Padahal di sini kami sudah siap menerima Bapak Jokowi dengan makanan dan minuman khas kauman seperti setup jambu", imbuh Widiyastuti.

Adanya coret-coretan di tembok yang menjelekkan Jokowi menurut Izzul Muslimin, Koordinator Relawan Matahari Indonesia (RMI) Jokowi-JK, adalah suatu upaya sistematis dari kelompok tertentu yang ingin menggagalkan kedatangan Jokowi mengunjungi rumah pendiri Muhammadiyah.

"Ada upaya pihak-pihak tertentu yang sengaja mengesankan Jokowi-JK ditolak oleh warga Muhammadiyah," ujarnya.

Menurut Izzul, langkah tersebut blunder karena justru akan meningkatkan simpati warga Muhammadiyah ke Jokowi-JK. Izzul menghimbau agar dalam berkampanye tidak menggunakan cara-cara yang bersifat anarkis.

"Mari kita jaga kebersamaan meskipun beda pilihan," kata Izzul.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement