Selasa 03 Jun 2014 14:01 WIB

Van Gaal Kritik Gaya Permainan Van Persie

Rep: c79/ Red: Citra Listya Rini
Striker Belanda, Robin Van Persie, tengah memperebutkan bola dengan pemain Ghana, Sumaila Rashid, pada sebuah laga uji coba jelang Piala Dunia 2014.
Foto: AP photo/Ermindo Armino
Striker Belanda, Robin Van Persie, tengah memperebutkan bola dengan pemain Ghana, Sumaila Rashid, pada sebuah laga uji coba jelang Piala Dunia 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Louis van Gaal mengkritik gaya permainan Robin van Persie pada uji coba kontra Ghana akhir pekan lalu. Pelatih Timnas Belanda ini telah melihat penampilan penyerang Setan Merah tersebut selama bertahun-tahun.

Van Gaal menilai penampilan terakhir yang ditunjukkan Van Persie sangat berbeda dengan penampilannya selama ini. Van Persie melesatkan satu-satunya gol pada pertandingan kontra Ghana pada laga uji coba yang dihelat di Stadion Feijenoord, Rotterdam.

Gol tunggal RvP itu pada awal laga memastikan tim Oranje mengakhiri catatan tidak pernah menang dalam empat pertandingan terakhir jelang Piala Dunia 2014. Namun, Van Gaal menilai, Van Persie tidak bermain sesuai dengan apa yang dia inginkan.

"Ia (Van Persie) terlalu banyak bermain dia area pertahanan," katanya seperti dilansir Voetball International.

Pelatih berusia 62 tahun ini mengatakan Van Persie seharusnya hanya perlu menjaga daerah-daerah kecil di lini tengah dengan lebih banyak menyerang lini pertahanan lawan. Van Gaal sadar, mungkin Van Persie melakukan hal tersebut untuk menghindari cedera akibat tekel pemain bertahan lawan.

Sang pemain tercatat memiliki rekor cedera yang buruk musim ini, RvP harus berulang kali absen membela United karena cedera yang sering dialaminya. Menanggapi hal tersebut, suami dari Bouchra Elbali ini mengatakan kepada para penggemarnya untuk tidak mencemaskan penampilannya nanti di Piala Dunia.

"Ia (Van Gaal) menjadikan saya penyerang utama, itu adalah posisi favorit saya, jadi saya akan berusaha sebaik mungkin di Brazil nanti dan menjadi setajam pisau," ujar Van Persie. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement