Senin 02 Jun 2014 21:15 WIB

3 Ribu Relawan Nusantara Siap Menangkan Jokowi-JK

Rep: Rr. Laeny Sulistyawati/ Red: Bilal Ramadhan
Relawan pendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA-- Sebanyak 3 ribu orang yang tergabung dalam Relawan Nusantara untuk Kemenangan Jokowi-JK mendeklarasikan mendukung pasangan calon presiden (capres) Joko 'Jokowi' Widodo dan calon wakil presiden (cawapres) Jusuf Kalla saat pemilihan presiden (pilpres) 2014 dan menargetkan dapat meraup suara sebanyak 65 persen di Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Ketua Relawan Nusantara untuk Kemenangan Jokowi-JK, Lukman Ladjono mengatakan, sebanyak 3.000 relawan yang ada terdiri dari berbagai unsur, mulai institusional Garda Pemuda Nasional Demokrat (Nasdem). Selain itu ada juga unsur Liga Mahasiswa Partai Nasdem Provinsi Jatim, Unsur Mahasiswa di Surabaya, Unsur Muhammadiyah di Gresik, Perhimpunan Mahasiswa Katolik, hingga unsur Nahdlatul Ulama (NU).

“Mengapa kami mendukung Jokowi-JK? Karena kami ingin presiden yang melayani rakyatnya, berada di tengah rakyat, dan mendengarkan suara hati rakyatnya untuk menjadikan Indonesia lebih baik,” ujarnya saat ditemui usai sela-sela deklarasi dukungan Relawan Nusantara untuk Kemenangan Jokowi-JK di kantor Partai Nasdem di Surabaya, Senin (2/6).

Pihaknya juga ingin presiden yang berdiri di tengah-tengah rakyatnya dan memahami tujuan rakyatnya. Kini, kata dia, rakyat Indonesia sudah cerdas dan tidak mau dibeli suaranya. Rakyat juga tidak mau diberikan janji-janji kosong.

Untuk itu, ketika melihat dua figur capres yang ada, pihaknya memilih Jokowi-JK. Meski mendukung Jokowi-JK, Lukman menegaskan bahwa pihaknya tidak akan menggunakan cara kampanye hitam. Pihaknya berjanji akan menggunakan cara kampanye putih yang tidak menyerang pribadi yang tidak menyerang capres lain.

Ada pun strategi untuk memenangkan Jokowi-JK diantaranya yaitu menjaga perdamaian dan memperkeruh keadaan. “Dengan cara tersebut, kami menargetkan dapat meraup suara sebanyak 65 persen dari seluruh pemilih di Jatim,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Wilayah (Korwil) Pemenangan Jokowi-JK Partai Nasional Demokrat (Nasdem) di Jatim Effendi Choiri mengatakan, pihaknya sengaja mendukung Jokowi karena melihat pria itu merupakan figur restorasi Indonesia. Jokowi juga dipandangnya sebagai sosok fenomenal.

“Meski memiliki wajah ndeso, dia bisa melayani rakyat dan pantas untuk jadi presiden dan ini riil hasil survei,” ujarnya.

Yang juga tidak kalah penting, kata dia, Jokowi juga tidak memiliki masalah di masa lalu. Tak hanya Jokowi, pihaknya juga menilai bahwa JK juga tokoh fenomenal. JK dipandang pihaknya masih sehat dan bisa menyelesaikan masalah. Selain deklarasi, 150 perwakilan Relawan Nusantara untuk Kemenangan Jokowi-JK juga melakukan aksi simpatik membagi pin kepada semua orang yang lewat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement