Sabtu 31 May 2014 15:41 WIB

Capello: Target Rusia Lolos Grup di Piala Dunia

Timnas Rusia
Foto: ap
Timnas Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Bagi Rusia, lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brazil memiliki makna yang sangat penting, baik bagi warganya maupun dunia sepak bola umumnya.

Lolos ke putaran final Piala Dunia adalah yang pertama kalinya sejak 12 tahun terakhir, selain itu Rusia bisa disebut wakil dari negara-negara Eropa Timur dengan gaya khasnya, setelah tim tangguh seperti Republik Ceska, Polandia, dan Bulgaria tersisih.

Menghadapi Piala Dunia 2014, sejak memulai babak kualifikasi, Rusia telah menunjuk pelatih berpengalaman asal Italia Fabio Capello yang juga pernah menangani tim nasional Inggris. Rusia yang berada di grup H bersama Belgia, Aljazair, dan Korea Selatan, menargetkan setidaknya bisa lolos ke babak 16 besar.

"Kami selalu fokus untuk sebisa mungkin meraih hasil terbaik di Piala Dunia ini, dan target pertamanya adalah lolos dari grup dulu," kata Capello seperti dikutip Reuters.

Menurut Capello, bisa menjadi juara atau posisi kedua grup adalah penting untuk menyusun strategi berikutnya. Selain itu, setidaknya ia berpeluang untuk bisa memperbaiki catatan prestasinya ketika hanya bisa membawa Inggris hingga perempat final.

Sejak mengambil alih tugas Dick Advocaat tahun 2012, Capello terus membenahi tim Rusia hingga bisa lolos ke putaran final Piala Dunia 2014. Dalam susunan pemain yang ditetapkannya untuk ke Brasil, Capello berani tidak memasang dua nama tenar Andrey Arshavin dan Roman Pavlyuchenko dan lebih memberi kesempatan kepada pemain-pemain yang menurutnya masih lapar prestasi.

Sebagai besar pemainnya berasal dari empat klub papan atas Rusia, Zenit St. Petersburg, Lokomotiv, CSKA and Dynamo. Banyak yang menilai tim Rusia lemah dalam bertahan dan kurang tajam dalam penyelesaian akhir. 

Namun, Capello dapat menunjukkan kemajuan dalam timmya melalui pertandingan babak kualifikasi dan pertandingan uji coba. Dalam pertandingan-pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia, Rusia hanya kebobolan lima gol. Jumlah kebobolan Rusia hanya di bawah Spanyol, Belgia dan Inggris.

"Saya selalu optimis. Saya selalu mencoba berpikir positif dan ingin berbuat lebih. Saya selalu ingin mencapai tingkatan baru sebisa mungkin, dan para pemain saya seharusnya memikirkan hal ini," kata Capello.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement