Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Ini Capres yang Didukung NU Jatim

Kamis 29 May 2014 15:45 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Nahdlatul Ulama

Nahdlatul Ulama

Foto: abunamira.wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN - Rais Syuriah PW Nahdlatul Ulama Jawa Timur (Jatim) KH Miftachul Akhyar mengatakan, organisasinya belum menentukan sikap terkait kandidat yang patut didukung dalam Pilpres Juli 2014. Hingga kini, pihaknya belum mengarahkan dukungan pada Prabowo Subianto-Hatta Rajasa maupun Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Namun, menurut Miftachul, kriteria yang sudah disepakati adalah mendukung capres seakidah. Bahkan, NU juga belum diajak rembuk oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terkait penetapan dukungan calon presiden dan dan calon wakil presiden, kendatipun partai ini merupakan partai yang lahir dari rahim organisasi bentuk KH Hasyim Asyari itu.

"NU belum mendukung siapapun dalam pilpres kali ini," katanya setelah menghadiri Harlah NU di Pesantren Matsaratul Huda Panempan, Pamekasan, Kamis (29/5).

Karena itu, dalam waktu dekat ini, kata Miftachul, para kiai NU di Jawa Timur akan melakukan pertemuan, guna membahas calon presiden dan calon wakil presiden yang akan didukung ulama. Hanya, NU secara umum telah menentukan kriteria calon yang patut didukung organisasi Islam terbesar di Indonesia itu, yakni kandidat seakidah.

Dengan kata lain, NU Jatim mendukung pasangan yang memiliki keyakinan sama dan berkomitmen untuk memperjuangkan bangsa di negeri ini ke arah yang lebih baik. "Mendukung pasangan capres dan cawapres yang tidak seakidah itu dilarang dalam pandangan NU," katanya tanpa merinci.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA